Persepsi Mahasiswa PPKT Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon Terhadap PPKT Online Angkatan I dan II Tahun 2020 Masa Pandemi Covid-19

Aida, Wa (2021) Persepsi Mahasiswa PPKT Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon Terhadap PPKT Online Angkatan I dan II Tahun 2020 Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa PPKT Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon terhadap keterampilan mengajar saat PPKT online dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat mahasiswa dalam PPKT online Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 8 Juli sampai dengan 8 Agustus 2021. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 9 orang yakni 2 orang mahasiswa angkatan I dan 2 orang mahasiswa angkatan II Jurusan PAI dalam kegiatan PPKT Online tahun 2020 dan 1 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL) 1 orang panitia PPKT online dan dekan FITK serta 2 orang guru pamong. Analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Mahasiswa PPKT online sudah dapat merencanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan standar proses, baik komponen maupun prinsip-prinsip penyusunannya sudah dipenuhi. Hal ini dilihat dari kegiatana wal/pendahuluan, mahasiswa dalam membuka pelajaran terbilang baik, akan tetapi aspek yang paling esensial dalam kegiatan awal, yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, sudah terlaksana denganbaik. Pada kegiatan inti, mahasiswa sudah dapat menerapkan keterampilanbertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan pengelolaan kelas pada kegiatan inti selama pembelajaran berlangsung.Dan pada kegiatan akhir/penutup, mahasiswa PPKT sudah mampu menutup pelajaran dengan penyusunan rangkuman materi bersama, merangkum, dan melakukan tindak lanjut. 2. Adapun faktor pendukung pembelajaran daring meliputi; a). Hp (smartphone), Laptop, Notebook dan komputer sebagai alat untuk berkomunikasi, b). Peran penting Dosen pembimbing lapangan (DPL) dan Guru Pamong dalam pelaksaan PPKT online terutama dalam proses praktek mengajar, c). Dukungan kuota Internet untuk proses PPKT Online sebagai sarana dalam pembelajaran berbasis online, d). Adanya antusias dari mahasiswa peserta PPKT untuk tetap melakukan PPKT walaupun secara Online Dan faktor penghambat pembelajaran daring diatara: ; a) Keterbatasan media yang digunakan dalam PPKT online karena membutuhkan alat sebagai pendukung pembelajaran seperti; HP, laptop/nootebook ataupun komputer dan, b) dalam pembelajaran terkadang terkendala dengan jaringan internet (signal)sehingga menambah biaya dari pembelian paket data internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sopamena, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Online, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Mar 2022 00:51
Last Modified: 18 Mar 2022 00:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item View Item