Profil Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Diskusi di SMP Al-Wathan Ambon

Tanamal, Umi (2021) Profil Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Diskusi di SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMI TANAMAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang san¬gat penting dalam kehidupan manusia.Selain mewujudkan manusia yang berkualitas, pen¬didikan juga merupakan bagian yang sangat penting dalam membangun negara. Proses pendidikan tidak dapat dipisahkan sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya ma¬nusia (SDM) dan pembangunan sektor eko¬nomi suatu bangsa. Manusia yang berkualitas dapat menjadi tenaga penggerak tercapainya kemajuan negara. Dengan demikian, jelas bahwa pendidikan mempunyai tujuan untuk membentuk manusia yang berkualitas. Tipe penelitian yang digunakan yaitu tipe penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan pada tanggal 8 November sampai dengan 8 Desember 2021 di kelas VIII SMP Al-Watan Ambon. Melalui proses pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditujukan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I, tes awal 8 orang siswa yang tuntas atau mencapai KKM yang ditetapkan dengan presentase 32%, sedangkan pada tes akhir siklus I, 17 siswa atau 68% yang belum mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada hasil tes siklus I yaitu, 49,40, tes akhir dengan nilai rata-rata 58,20 sedangkan hasil belajar yang diperoleh pada siklus II, 20 siswa yang dikatakan tuntas atau mencapai KKM dengan presentase 80%, dan 5 orang siswa yang dikatakan tidak tuntas dengan presentase 20%. Dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II 8,100

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Dr. Nur Alim Natsir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tindakan, Metode Diskusi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Mar 2022 05:50
Last Modified: 18 Mar 2022 05:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item