Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa (Studi Kasus Pembinaan Pada Siswa SMK Muhammadiyah Ambon)

Fitria, Ode (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa (Studi Kasus Pembinaan Pada Siswa SMK Muhammadiyah Ambon). Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ODE FITRIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak karimah siswa di SMK Muhammadiyah Ambon, dan untuk mengetahui metode pembinaan dalam meningkatkan akhlak siswa SMK Muhammadiyah Ambon. Tugas seorang guru Pendidikan Agama Islam bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya, akan tetapi harus mampu membentuk pribadi siswa sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. Tidak hanya membentuk akhlak baik siswa, namun juga membinanya menjadi individu yang berakhlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, dengan menggunakkan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam mendeskripsikan hasil wawancara, penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi sebagai penguat terhadap data yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap kepala sekolah, 2 guru Pendidikan Agama Islam, Guru bidang kesiswaan, guru Bimbingan Konseling, dan 6 siswa Smk Muhammadiyah Ambon. Sedangkan analisis data melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan aktif dalam meningkatkan akhlak siswa di SMK Muhammadiyah Ambon Guru berperan sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. Metode yang diterapkan dalam pembinaan akhlak siswa adalah metode teladan atau contoh langsung, metode pembiasaan, dan metode teguran. Guru memberikan keteladanan bagi siswa, pembiasaan mengucapkan salam, berpakaian Islami, dan memberikan teguran kepada siswa yang melakukan perilaku yang kurang baik. Guru juga memberikan pembinaan berupa: mengajak siswanya untuk shalat Zuhur berjamaah, tadarus atau membaca al-Qur’an dan sholat jumat berjamaah. Perilaku siswa di SMK Muhammadiyah dapat dikatakan baik. Implikasi penelitian ini sebagai guru agama Islam dan semua guru harus terus menerus memberikan pembinaan terhadap siswa dengan mencontohkan suri teladan yang baik agar mereka dapat merubah akhlak mereka menjadi akhlak karimah atau akhlak yang mulia.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. Idrus Sere, M.Pd.I / Dr. Muhajir Abd Rahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Akhlak Siswa, Peran Guru Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:05
Last Modified: 18 Mar 2022 06:05
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item