Peran Guru perempuan dalam pendidikan agama anak dalam keluarga di dusun Jikubesar Kabupaten Buru

-, Kamaria (2022) Peran Guru perempuan dalam pendidikan agama anak dalam keluarga di dusun Jikubesar Kabupaten Buru. Tesis thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL TESIS; KAMARIA_153.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru perempuan dalam pendidikan agama anak dalam keluarga di Dusun Jikubesar Kabupaten Buru. Dan faktor-faktor apa saja yagn menjadi pendukung dan penghambat peran guru perempuan dalam pendidikan agama anak dalam keluarga di dusun Jikubesar Kabupaten Buru. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 24 Juni sampai dengan 22 Juli 2022 di Dusun Jikubesar Kabupaten Buru. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari 7 orang guru perempuan sebagai informan. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait peran guru perempuan dalam pendidikan agama pada anak dalam keluarga di Dusun Jikubesar Kabupaten Buru disimpulkan bahwa Peran guru perempuan dalam pendidikan agama pada aspek akidah, aspek ibadah dan aspek akhlak pada anak dalam keluarga di Dusun Jikubesar Kabupaten Buru sudah dilakukan dengan baik oleh para guru perempuan dalam mendidik anak. Membina akidah sudah dalam kategori baik, sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh para informan, kalau anak sudah menanamkan akidah pada diri anak sejak usia dini bahkan sejak masih dalam kandungan. Dalam membina ibadah anak juga sudah tertanam dengan baik, hal ini dibuktikan dengan bagaimana cara anak mengajari anak untuk beribadah dan menaati syari’at Islam. Dalam hal akhlak juga sudah tertanam dengan baik, terbukti dengan sikap anak di rumah baik dan nurut kepada orang tua, mudah diatur serta menyayangi saudaranya, serta dapat menjalin hubungan baik dengan anggota keluarga yang lain, dan masyarakat. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru perempuan dalam pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga di dusun Jikubesar diantaranya faktor pendukung yaitu, faktor keluarga, sebagai komitmen yang kuat dari setiap individu dalam menjalankan peran gandanya, fakor komunikasi dimana komunikasi serta kerjasama yang baik dengan anggota keluarga yang lain tetap terjalin dalam keluarga, faktor pendidikan formal (sekolah) yang sudah mengajarkan tentang pendidikan agama “Islam” dengan baik dan nonformal yang diberikan kepada anak sangat menunjang dalam hal ini memasukan anak ke TPQ agar mendapatkan pembinaan agama (membaca al-Qur’an) dengan baik dan benar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas antar tugas mengajar di sekolah dengan pendampingan anak di rumah, serta faktor media (elektronik “game online, internet” maupun faktor lingkungan masyarakat dan bermain anak yang dapat mempengaruhi dan keterbatasan waktu yang dimiliki anak.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 13 Sep 2022 14:40
Last Modified: 23 Nov 2022 00:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item