Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid 19 di SMA Negeri Siwalima Ambon tahun pelajaran 2020/2021

Mesenu, - (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid 19 di SMA Negeri Siwalima Ambon tahun pelajaran 2020/2021. Tesis thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL TESIS; MESENU_192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam pengembangan karakter peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Siwalima Ambon yang berkaitan dengan 5 (lima) nilai karakter diantaranya: (1) Religius; (2) Mandiri; (3) Tanggung Jawab; (4) Kreativitas dan;(5) Disiplin. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: Bagaimanakah peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik berdasarkan lima nilai karakter tersebut yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik dan orangtua wali. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan, kepercayaan,keteralihan kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan pendidikan formal dan informal. Pembentukan karakter didukung oleh peran orang tua dan perkembangan Teknologi Informasi. Sedangkan penghambat pengembangan karakter peserta didik pada masa pandemi adalah lemahnya pengawasan orang tua terhadap perilaku siswa selama di rumah, materi pembelajaran dikaitkan dengan nilai-nilai karakter dan pelaksanaan kegiatan ibadah siswa. Metode belajar yang digunakan adalah dengan cara diskusi interaktif dan memberikan tugas mandiri. Sedang media yang digunakan adalah gadget yang dihubungkan dengan aplikasi Microsoft Teams,WhatApp dan lain-lain. Dalam memberikan nasehat guru Pendidikan Agama Islam menggunakan flyer-flyer yang disebarkan ke peserta didik.Bagi siswa yang lalai mendapat sanksi teguran. Dalam kehidupan sehari-hari Guru memberikan suri tauladan untuk mematuhi protokol kesehatan, rajin beribadah, belajar dan membantu orangtua dirumah. Dalam penilaian guru mengambil lima aspek nilai-nilai karakter tersebut di atas dengan masing-masing indikator penilaian yang sudah ditentukan dalam instrumen penilaian

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 13 Sep 2022 14:44
Last Modified: 13 Sep 2022 14:44
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item View Item