Tomagola, Nakir (2022) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar dan Self Esteem peserta didik di MAN 1 dan MAN 2 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN AMBON.
Text
FULL TESIS; NAKIS TOMAGOLA_181.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB I, III, V.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar dan self esteem peserta didik di MAN 1 dan MAN 2 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah. Dan faktor-faktor apa saja yagn menjadi pendukung dan penghambat peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar dan self esteem peserta didik di MAN 1 dan MAN 2 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 6 Juni sampai dengan 6 Juli 2022 di MAN 1 dan MAN 2 Maluku Tengah.Informan di MAN 1terdiri dari 1 orang guru BK dan 4 orang peserta didik dan di MAN 2 terdiri dari 1 orang guru BK dan 4peserta didik. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dianalisis data menggunakan reduksi data, pengkajian data dan penarikan kesimpulan. Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar dan self esteem peserta didik di MAN 1 meliputi; a. Peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Maluku Tengah terdiri dari; 1). Peran guru BK melalui layanan informasi, 2).Peran guru BK melaluilayanan bimbingan belajar, 3).Peran guru BK berdasarkan pemberian layanan konseling perorangan, 4).Peran guru BK melalui layanan konseling kelompok. b. Peran guru BK dalam meningkatkan Self Esteem terdiri dari; 1).Membangun pola pikir positif pada peserta didik, 2).Mengenali kekurangan dan Kelebihan yang dimiliki peserta didik, 3).Meningkatkan semangat kompetitif peserta didik, 4).Memberikan pelatihan kepada peserta didik untuk meningkatkan rasa harga diri, dan 5).Meminta setiap peserta didik tampil di depan kelas,c. Faktor pendukung meliputi; 1). Faktor guru di sekolah (peran guru dan wali kelas), 2).Kerjasama dengan orang tua peserta didik, 3).Sarana dan prasana ruang BK, 4).Dukungan dari pihak sekolah dan lingkungan sekolah, dan 5).Kepribadian guru bimbingan dan konseling, d. Faktor Penghambat, diantaranya: 1). Faktor internal (dari peserta didik), 2). Faktor eksternal (pergaulan di lingkungan masyarakat). Sedangkan peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar dan self esteem peserta didik di MAN 2 Maluku meliputi; a. Peran guru BK dalam motivasi terdiri dari; 1).Pemberian layanan bimbingan belajar, 2).Pemberian layanan konseling perorangan, 3).Pemberian layanan konseling kelompok, b. Peran guru BK dalam meningkatkan Self Esteem terdiri dari; 1).Mengarahkan siswa untuk berbuat baik, 2).Mencari keunikan (kekurangan dan kelebihan) siswa untuk di contoh, 3).Menciptakan persaingan siswa, 4).Melatih siswa, c. Faktor pendukung meliputi; 1).Faktor elemen sekolah, 2).Kerjasama orang tua, 3).Fasilitas ruang BK, 4).Kewibawaan guru BK, d. Faktor penghambat: 1). Faktor internal dari peserta didik dan 2). Faktor eksternal, lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Usemahu Abdullah |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 14:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 14:47 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2436 |
Actions (login required)
View Item |