Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKl Materi Dinasti Bani Umayyah di Kelas VII MTs. Batu Merah Ambon

Latukau, Adila (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKl Materi Dinasti Bani Umayyah di Kelas VII MTs. Batu Merah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran pada saat ini haruslah pembelajaran yang berpusat pada siswa di mana guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran debat aktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi Dinasti Bani Umayah di kelas VJI MTs. Negeri Batu Merah Ambon? dan 2) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran debat aktif terhadap has ii belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi Dinasti Bani Umayah di kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran debat aktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKl pada materi Dinasti Bani Umayah di kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon dan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran debat aktifterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI pada materi Dinasti Bani Umayah di kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis statistik inferensial untuk melihat hubungan kausalitas (sebab-akibat) serta mencari pengaruh antara variabel bebas (independent variable) dengan variabel terikat (dependentvariable). Penelitian ini dilaksakan di MTs. Batu Merah Ambon mulai tanggal 18 Juli sampai 18 Agustus 2016. Sampel penelitian ini dilakukan secara proposive sampling (sesuai kebutuhan). Dengan demikian, yang dijadikan sampel adalah kelas Vll" dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan analisis Korelasi Product Moment. Beradasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atau sangat tinggi penggunaan metode debat aktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKl materi Dinasti Bani Umayah di kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon. Hal ini diketahui dari nilai rhitung = 0,808 > r1abe1 dengan db penyebut = 37 pada taraf signifikan 5% = 0,325 dan pada taraf 1% = 0,418, yang menunjuk.kan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Besar pengaruh metode debat aktif terhadap hasil belajar siswa adalah 65,29% sedangkan sisanya sebesar 34,71% dipengaruhi oleh faktor lain di luar metode pembelajaran debat aktif yaitu faktor guru, faktor siswa itu sendiri, dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nursaid, M.Ag / Siti Jumaeda, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode depat aktif, Hasil belajar siswa, Dinasti Bani Umayyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:58
Last Modified: 26 Oct 2022 01:58
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item