Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 26 Maluku Tengah

Kerepesina, Siti Farida M (2022) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 26 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektivan dari media interaktif berbasis power point pada materi sistem penrnapasan manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi sembilan langkah yaitu Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan format produk, Uji coba awal, Revisi produk awal, Uji coba lapangan, Revisi produk hasil uji lapangan, Uji pelaksanaan lapangan, Revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Hasil uji kevalidan media interaktif berbasis power point dilakukan oleh tiga validator. Hasil validasi diperoleh rata-rata penilaian pada aspek materi yaitu 4,71 dengan kategori sangat valid, aspek desain yaitu 3,6 dengan kategori valid dan aspek bahasa yaitu 4,55 dengan kategori sangat valid. 2). Hasil uji keefektivan media interaktif berbasis power point yang dikembangkan dengan menggunakan angket respon siswa (uji coba lapangan kecil) dan tes hasil belajar siswa menunjukan bahwa untuk hasil uji coba lapangan skala kecil memperoleh nilai rerata 35,26 dan untuk hasil tes belajar siswa memiliki nilai rata-rata 7,275 dengan kategori sangat tinggi 3). Hasil uji kepraktisan media interaktif berbasis power point yang dikembangkan dengan menggunakan angket respon siswa (uji coba lapangan skala besar) dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. menunjukan hasil uji coba lapangan skala besar memperoleh nilai rerata 52,2 dengan kategori sangat layak untuk digunakan namun dengan adanya beberapa revisi dan untuk hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran berada pada kriteria terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata 4,8. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis power point yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Surati, M.Pd / Nana Ronawan Rambe M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Berbasis Power Point
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Oct 2022 00:32
Last Modified: 27 Oct 2022 00:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item