Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur'an di MTs Al Anshor Ambon

Liliwana, Ummi Yati (2022) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur'an di MTs Al Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

MTs Al Anshor Ambon, guru PAI melakukan beberapa langkah yang dianggap strategis dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur'an peserta didik kelas VII. Beberapa langkah yang dianggap strategis tersebut yaitu menggunakan metode Ummi Remaja, dapat memberikan dorongan motivasi dalam setiap proses belajar baik di kelas maupun di luar kelas tentang pentingnya pengetahuan baik membaca dan menulis al-Qur'an dan relevansinya terhadap penguasaan materi pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur'an di MTs Al Anshor Ambon dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengatasi keslitan baca tulis al-Qur'an di MTs Al Anshor Ambon. Adapun jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis penelitian yang bersifat "kualitatif". Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Anshor Ambon berlangsung selama satu bulan dari tanggal 26 Mei sampai tanggal 26 Juni 2022. Yang menjadi instrumen yang penulis wawancarai adalah 2 orang guru pendidikan agama Islam dan 3 orang peserta didik. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik menganalisis data adalah tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa I) peran guru pendidikan agama Islam dapat mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur'an terhadap peserta didik kelas VII MTs Al Anshor Ambon, yaitu sebagi fasilitator yang memberikan kemudahan belajar bagi peserta didik dengan menggunakan metode Ummi Remaja, memberikan dorongan dan motivasi, bimbingan dan melakukan evaluasi. 2) Sedangkan faktor pendukungnya, adalah adanya motivasi guru PAI dan orang tua, serta adanya kesadaran dan keinginan peserta didik untuk belajar al-Qur'an, Adanya pembelajaran tambahan atau latihan yang dibimbing oleh guru PAI di luar jam pembelajaran dan sarana fasilitas yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya, kesulitan peserta didik dalam mengucapkan huruf, minat dan motivasi peserta didik rendah dan pengaruh pergaulan dan lingkungan, fasilitas yang tidak memadai, singkatnya jam pelajaran pendidikan agama Islam dan peserta didik lebih banyak bermain dari pada belajar membaca dan menulis al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: La Adu, M.A / Saida Manilet, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Mengatasi Kesulitan Baca Tulis al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:22
Last Modified: 02 Nov 2022 02:22
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2555

Actions (login required)

View Item View Item