Peran Keteladanan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Huamual Belakang Seram Bagian Barat

Lukaraja, Arni (2022) Peran Keteladanan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Huamual Belakang Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepala Sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Kualitas suatu lembaga pendidikan bergantung pada kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga tersebut. Kepala sekolah memiliki tugas untuk memberikan bimbingan dan pengawasan kepada setiap guru yang bertugas dalam bidang studinya masing-masing. Untuk menjalankan tugasnya sebagai seorang pembina dan pengawas dalam mengembangkan profesionalisme guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif, maka seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan dan pemahaman tentang kompetensi kepala sekolah dengan baik. Penelitian skripsi ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMP Negeri 13 Huamual Belakang, 2) Mendeskripsikan tingkat profesionalitas guru PAI di SMP Negeri 13 Huamual Belakang 3) Mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMP Negeri 13 Huamual Belakang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berbentuk deskriptif. Waktu penelitian 7 Oktober sampai 7 November 2021. Informan sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis dapat diketahui bahwa 1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMP Negeri 13 Huamual Belakang dilakukan melalui beberapa hal diantaranya kepala sekolah berperan sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, dan motivator. Sedangkan kondisi profesionalisme guru PAI di SMP Negeri 13 Huamual Belakang terbilang cukup baik. Guru PAI telah memenuhi kualifikasi yang cukup. 2) Faktor pendukung Kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI adalah dengan adanya faktor dukungan dari latar belakang pendidikan guru yang baik dan pembinaan kerjasama antar guru. Sedangkan faktor penghambat kepala sekolah adalah kurangnya sarana prasana, serta tingkat kepedulian orang tua pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nurhasanah, M.S.I. / Elfridawati. Mai Dhuhani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:39
Last Modified: 07 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item