Upaya Mudabbir dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ambon

Ishak, Badrun (2022) Upaya Mudabbir dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam sebagai mukjizat dan rahmat bagi alam semesta. Allah menurunkan al-Qur’an agar dibaca, didengar, ditadabburi oleh manusia dan menjadi penawar serta ketenangan bagi hati mereka. Selain itu al-Qur’an juga merupakan petunjuk kepada jalan yang benar atau lurus. Salah satu pembinaan yang diupayakan oleh pengurus Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon atau Mudabbir adalah meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri. Mahasiswa baru yang masuk di asrama kemampuan membaca al-Qur’an-nya masih rendah, sehingga, perlu adanya pembinaan. Hal tersebut dilakukan karena, tidak semua mahasiswa berasal dari pesantren atau madrasah yang tentunya diajarkan cara membaca al-Qur’an dengan baik. Dalam penelitian ini tipe yang dilakukan adalah jenis kualitatif. Sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah dengan mencocokkan antara realita empirik dengan teori yang berlaku dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatan deskriptif ini bertujuan menggambarkan secara sistematis dan akurat fakta dan karakteristik mengenai data di lapangan yaitu Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa; (1) Upaya mudabbir dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Yaitu; (a) Penyiapan Kader Pembina al-Qur’an, mudabbir mempersiapkan mahasantri kelas B dan A dikader menjadi pembina al-Qur’an kepada mahasantri lain yang masih kelas C 1 dan C 2. (b) Pelatihan guru Iqra, Mudabbir memberikan materi dan pelatihan khusus kepada kelas A dan kelas B secara khusus untuk mengajarkan Iqra kepada mahasantri yang masih kelas C. (c) Pembinaan tahfidz al-Qur’an, setelah memberikan pembinaan tahfidz kemudian disetorkan kepada para mudabbir secara terjadwal. Selain itu, mengadakan lomba-lomba tahfidz al-Qur’an.(2) Fakto-faktor pendukung dan penghambat upaya mudabbir dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon diantaranya adalah memiliki, (a) sarana prasarana yang mendukung, (b) adanya pendampingan dan bimbingan dari Mudabir yang berkompeten. Adapun penghambatnya hanyalah faktor internal mahasantri itu sendiri, (a) kurang berkomitmen secara maksimal dalam mengikuti pembinaan, (b) kurangnya kesadaran dan motivasi dari dalam diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Yusuf Abdurrachman Luhulima M.Ag/ Dr. Maimunah, M.A
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Al-Qur'an Ma'had Santri, IAIN Ambon
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:37
Last Modified: 07 Nov 2022 06:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item