Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Haadits di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Kahar 2 Iha Liang

La Husen, Jana (2022) Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Haadits di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Kahar 2 Iha Liang. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA, BAB I, BAB III, BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-Qur’an dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-Qur’an di MIS Al-Kahar 2 Iha Liang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Dalam hal ini peneliti ingin mengungkapkan tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Sumber data yang digunakan terbagi atas 2 yakni sumber data primer dalam hal ini guru Al-Qur’an hadits dan sumber data sekunder adalah dokumentasi yang diambil saat penelitian berlangsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikai Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-Qur’an memiliki 4 peran, yakni peran guru sebagai demonstrator yaitu peran yang mempertunjukan kepada siswa segala sesuatu yang dapat membuat siswa lebih mengerti dan memahami setiap pesan yang disampaikan. Peran guru sebagai organisator yaitu guru diharapkan dapat mengelola kelas dengan baik, karena kelas adalah tempat berhimpun semua anak didik. Peran guru sebagai mediator yaitu guru diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk dan jenisnya, baik media nonmaterial maupun material dan Guru sebagai fasilitator, guru berperan dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Peran guru sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nur Hasanah. M.S.I / Saddam Husein. M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dalam mengatasi kesulitan siswa, Membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Nov 2022 00:12
Last Modified: 11 Nov 2022 00:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item