Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Berbasis Karakter di MIT Nurul Falah Masohi Kabupaten Maluku Tengah

Setyawati, Nunung Dwi (2022) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Berbasis Karakter di MIT Nurul Falah Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, DLL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS NUNUNG DWI SETYAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mutu Pendidikan pada madrasah sangat bergantung pada kemampuan manajemen kepala madrasah. Kualitas madrasah akan terwujud karena dipimpin oleh kepala madrasah yang profesional. Pendidikan karakter sangat diharapkan diterapkan di madrasah untuk menjawab keinginan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah berbasis karakter di MIT Nurul Falah Masohi dan bagaimana upaya kepala madrasah untuk mengembangkan madrasah berbasis karakter di MIT Nurul Falah Masohi. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan waktu penelitian 1 bulan terhitung tanggal 18 Maret 2022__18 April 2022 yang berlokasi di MIT Nurul Falah Masohi kabupaten Maluku Tengah. Informan dalam penelitian ini adalah 5 orang yang meliputi kepala sekolah, kaur kurikulum, guru kelas, orangtua siswa dan pengawas,dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa Kepala MIT dalam memimpin madrasahnya menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi dan otokrasi, hal itu ditunjukkan dengan ciri kepemimpinan beliau yaitu yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada masalah selalu mengikutsertakan bawahan sebagai tim yang utuh. Dalam memimpin kepala MIT memberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab pada bawahannya, sedangkan dalam pengambilan keputusan beliau melibatkan anggotanya untuk bermusyawarah. Para guru diberikan kepercayaan untuk mendidik para siswa dengan tetap berkoordinasi dan diawasi oleh kepala madrasah. Sitti syairah juga terbuka untuk menerima kritik, saran dan pendapat demi kemajuan madrasah. Upaya kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah berbasis karakter diantaranya adalah bekerja sama dengan IHF (Indonesia Heritage Foundation) untuk mendapatkan panduan dan pendampingan. Oleh karena itu dalam melaksanakan programnya panduan yang digunakan adalah 9 Pilar Karakter, milik IHF. Upaya kepala MIT selanjutnya adalah melakukan langkah-langkah sebagai berikut 1) Mengikuti Pelatihan dan Pendampingan Sekolah Karakter, 2) Melaksanakan Program Mentoring Guru, 3) Melaksanakan Rapat Kerja Penyusunan Kurikulum Berbasis Karakter, dan 4) Melaksanakan Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. Idrus Sere,M.Pd.I. / Dr. Nurhasanah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan kepala madrasah, Madrasah Berbasis Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:59
Last Modified: 15 Nov 2022 00:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item