Tuahuns, Hania (2021) Analisis Kesesuaian dan Kemampuan Guru IPA dalam Merancang Instrumen Penilaian Psikomotorik di MTs dan Smp Kecamatan Geser Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
HANIA TUAHUNS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian psikomotor merupakan bagian dari kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui kesesuaian instrumen penilaian psikomotor di MTs dan SMP Kecamatan Geser dan untuk mengetahui kemampuan guru IPA MTs dan SMP dalam merancang instrumen penilaian psikomotor di Kecamatan Geser. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan instrumen serta keterlibatan peneliti dalam memperoleh data-data lapangan, yang dilaksanakan di MTs/SMP di Kecamatan Geser. Kabupaten Seram Bagian Timur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesesuaian antara instrumen penilaian psikomotor buatan guru dengan indikator yang terdapat dalam RPP IPA semester Genap kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021 di seluruh SMP dan MTS Kecamatan Geser, memiliki kriteria tingkat kesesuaian yang bervariasi disetiap sekolah. SMP Negeri 1 Geser setengah instrumennya tergolong kriteria sangat sesuai, SMP 1 Atap Maar sangat sesuai, SMP Guli-Guli sangat sesuai, SMP Ukar Segan sesuai, MTS Negeri 1 Geser sangat sesuai, MTS Nurul Ummah Seram Lauw sesuai, dan sebagian besar di SMP dan MTS Kecamatan Geser sangat sesuai. Sedangkan kemampuan guru IPA dalam merancang instrumen penilaian psikomotor di SMP dan MTS Kecamatan Geser memiliki kriteria kemampuan yang bervariasi disetiap Sekolah. SMP Negeri 1 Geser tergolong dalam kriteria cukup, SMP 1 Atap Maar tergolong dalam kriteria tinggi, SMP Guli-Guli tergolong dalam kriteria sedang, SMP Ukar Segan tergolong dalam kriteria sedang, MTS Negeri 1 Geser tergolong dalam kriteria tinggi, MTS Nurul UmmahSeram Lauw tergolong dalam kiteria sedang dan sebagian besar kemampuan guru dalam merancang instrumen penilaian psikomotor di SMP dan MTS Kecamatan Geser tergolong dalam kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Fitria Lapele, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kesesuaian dan Kemampuan Guru IPA, Merancang Instrumen Penilaian Psikomotor |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 06:56 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 06:56 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |