Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas VII di SMP Negeri Nalbesi.

Uar, Agusalim Safarudin (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas VII di SMP Negeri Nalbesi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini membahas tentang Peningkatan Hasil belajar dengan Pendekatan”JAS” (Jelajah Alam Sekitar) pada materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup di kelas VII, semester I SMP Negeri Nalbesi, Kecematan Leksula Kabupaten Buru Selatan. Kajiannya di latar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah. oleh sebab itu penulis melakukan penelitian dengan judul Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk di Kelas VII Semester 1 SMP Negeri Nalbesi Kecematan Leksula Kabupaten Buru Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas VII Di SMP Negeri Nalbesi Kecematan Leksula Kabupaten Buru Selatan, Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019 / 2020 pada Siswa kelas VII SMP Negeri Nalbesi Kecematan Leksula Kabupaten Buru Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, untuk memperoleh data masing – masing siklus melalui tahapan yaitu : Plaining, Action, Observation dan Reflection. Data penelitian berupa nilai evaluasi pembelajaran IPA. Kemudian dianalisis dengan analisis ketuntasan hasil belajar. Hasil Survei pra siklus, siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 76,30% menjadi 96% pada siklus II, dengan peningkatan hasil belajar IPA materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup berdasarkan presentasi nilai yang mencapai KKM pada kondisi awal hanya 15,39%, pada siklus I meningkat menjadi 76,30% dan pada siklus II meningkat menjadiN94%. Dan hasil peningkatan rata-rata kelas dari kondisi awal 58,82 pada siklus I meningkat menjadi 71,30 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd / pembimbing II : Janaba Renngiwur, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Jelajah alam Makhluk Hidup
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Apr 2020 02:08
Last Modified: 15 Apr 2020 02:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item