Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Mini Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII Pada Materi Asam Basa Dan Garam di MTs Al-Anshor Ambon

Nazwa, Sella (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Mini Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII Pada Materi Asam Basa Dan Garam di MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Mini merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa dapat mengonstruksi pengetahuan melalui eksperimen sederhana, proses berpikir, bertanya, sehingga siswa menjadi aktif dan pembelajaran menjadi berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium mini terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa dan garam kelas VII di MTs Al-Anshor Ambon. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Anshor Ambon tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 19 siswa. Sampel penelitian ini adalah total sampling/sampling jenuh “sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel” Berdasarkan uji hipotesis model pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium mini terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari pada nilai α artinya hipotesis H1 diterima. Data keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,00 dan kelas kontr ol 73,00 dengan standar deviasi 7,07 serta hasil rata-rata aktifitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 70,60 dan 65,88. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilat thitung = 1,751 dan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 17 diperoleh ttabel = 1,740 dengan demikian thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium mini terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII pada materi asam basa dan garam di MTs Al-Anshor Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr Nur Alim Natsir, M.Si / Rahmiati Darwis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Mini, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Tadris IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Berdasarkan Subyek > Tadris IPA
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:57
Last Modified: 21 Nov 2022 01:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item