Problematika Pengasuhan Anak Dalam Pendidikan Akhlak (Studi Kasus Pada Keluarga Tunggal di Desa Ilath Kecamatan Batabual Kabupaten Buru)

Juma, Sumi (2021) Problematika Pengasuhan Anak Dalam Pendidikan Akhlak (Studi Kasus Pada Keluarga Tunggal di Desa Ilath Kecamatan Batabual Kabupaten Buru). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SUMI JUMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika Pengasuhan Anak Dalam Pendidikan Akhlak pada Keluarga Tunggal di Desa Ilath kecamatan Batabual Kabupaten Buru dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengasuhan anak dalam pendidikan akhlak pada keluarga tunggal di Desa Ilath Kecamatan Batabual Kabupaten Buru. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Berlokasi di Desa Ilath Kecamatan Batabual Kabupaten Buru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam metode pengumpulan data, kehadiran peneliti diketahui oleh informan. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini maka peneliti menggunakan triangulasi. Sedangkan analisis data penelitian meliputi: reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Problematika pengasuhan anak dalam pendidikan akhlak pada keluarga tunggal di desa Ilath yaitu: Sosial ekonomi meliputi aspek pemberian nafkah, pengasuhan anak dan pemerhatian psikologi anak. Dalam masalah ekonomi ini mayoritas orang tua tunggal hanya memenuhi salah satu aspeknya, jika ekonomi dari orang tua tunggal terpenuhi maka pengasuhan dan perhatian terhadap psikologi anak terpenuhi. Pendidikan akhlak pada anak dalam keluarga tunggal terbatas mengenai pengetahuan keagamaannya. Pada akhirnya orangtua tunggal tidak maksimal dalam mengajarkan pendidikan akhlak pada anak dalam keluarga tungggal. Ada sebagian orang tua tunggal baik ayah ataupun ibu yang sadar dalam mendidik anak di rumah, sebagiannya hanya mengandalkan pendidikan anak di rumah, dan sebagiannya juga hanya mengandalkan pendidikan yang ada di sekolah dan TPQ tempat anak-anak belajar membaca Al-Qur’an. Faktor pendukung dan faktor penghambat pengasuhan anak dalam pendidikan akhlak meliputi: Faktor pendukung yaitu sebuah dorongan , berupa pemberian motivasi atau berbagai hal yang di maksud baik demi mendidik akhlak anak. Ada beberapa faktor pendukung sebagai berikut: faktor perhatian orang tua,dan faktor lingkungan. Faktor penghambat merupakan faktor yang memunculkan kendala sehingga kurangnya keefektifan pola asuh orangtua dalam mendidik anak. Adapaun faktor penghambat sebagai berikut: lingkungan pergaulan, dan keterbatasan waktu bersama anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhajir Abdurrahman, M.Pd.I. / Nur Khozin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Problematika Pengasuhan Anak Dalam Pendidikan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:25
Last Modified: 21 Nov 2022 02:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item