Penggunaan Media Video Pembelajaran Oleh Guru Matapelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Kelas X IPA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Ambon

Lewenussa, Rafini A. (2021) Penggunaan Media Video Pembelajaran Oleh Guru Matapelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Kelas X IPA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I,III,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RAFINI A. LEWENUSSA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan media video pembelajaran oleh guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih Peserta Didik Kelas X IPA 1 di Madrasah Aliyah Negeri Ambon. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih peserta didik kelas X IPA 1di Madrasah Aliyah Negeri Ambon. Metode penelitian kualitatif, tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah file risert. Dilaksanakan sejak tanggal 05 Mei 2021 sampai 05 Juni 2021. Adapun lokasi penelitian yaitu di Madrasah Aliyah Negeri Ambon. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah guru fiqih, peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Ambon. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam analisa pengumpulan data ini peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: proses penggunaan media video pembelajaran yaitu waktu yang digunakan harus terjadwal, supaya proses belajar mengajar menjadi baik dan efektif. Sebelum menggunakan media video pembelajaran, guru harus mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, kegiatan lanjutan, serta adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pembelajaran, seperti laptop, vidio, komputer, LCD, dan adanya Lab komputer, sehingga menjadikan siswa lebih tanggap, pintar, cermat, dalam menggunakan teknologi. Adapun yang menjadi hambatan dalam proses penggunaan media ialah kurangnya fasilitas, (minim), keterlambatan waktu, Serta keterbatasan data dan jaringan lokal. Saran yang ditawarkan peneliti tentang penggunaan media video pembelajaran oleh guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih adalah perlu ditambahkan sarana prasarana. Untuk itu lembaga pendidikan diharapkan memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Jamila Lasaiba, M.A / Dr. Nurhasanah, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran, Mutu Pembelajaran, Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:33
Last Modified: 23 Nov 2022 06:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item