Korelasi Sertifikasi Guru Biologi Terhadap Profesionalisme Guru di MTs Negeri Ambon

Rahayaan, Vera (2021) Korelasi Sertifikasi Guru Biologi Terhadap Profesionalisme Guru di MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
VERA RAHAYAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen makro dari sistem pendidikan yang sangat strategis dan banyak mengambil peran di dalam proses pendidikan secara luas khususnya dalam pendidikan persekolahan. Peranan guru sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Untuk itu guru sebagai agen pembelajaran dituntut untuk mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya, dalam kerangka pembangunan pendidikan. Peningkatan mutu guru lewat program sertifikasi ini sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Oleh sebab itu guru dituntut agar terus mengembangkan kapasitas dirinya sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kapabilitas untuk mampu bersaing. Guru-guru yang mengajar di MTs Negeri Ambon sebagian besar telah mengikuti sertifikasi baik yang telah lulus maupun yang sedang mengikuti proses sertifikasi. tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi sertifikasi guru ipa terpadu di MTs Negeri Ambon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru ipa terpadu yang telah disertifikasi di MTs Negeri Ambon. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 orang guru ipa terpadu yang tersertifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya korelasi sertifikasi guru ipa terpadu terhadap profesionalisme guru di MTs Negeri Ambon. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis Korelasi Product Moment antara variabel X dan variabel Y yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf nyata 5%. Sehingga dengan jelas terlihat nilai rhitung = 0,865 dan rtabel 5% dengan N=4 adalah 0,729. Dari tabel interpretasi nilai r = 0,865masuk pada tingkat korelasi kuat.HasilperhitunganKoefisien Determinasi (KD) = r2 x 100%, maka diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar 74,8%. Dengan demikian, besarnya korelasi sertifikasi guru biologi terhadap profesionalisme guru di MTs Negeri Ambon sebesar 74,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Zamrin Jamdin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Guru IPA , Profesionalisme Guru
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:04
Last Modified: 25 Nov 2022 01:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item