Evaluasi Penerapan Program Tahfiz Al-Qur’an dengan Model Evaluasi CIPP (Contexs, Input, Process, Product) di MI Nadil Ulum Ory dan MIN 7 Maluku Tengah Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah

Latuconsina, Muawana (2022) Evaluasi Penerapan Program Tahfiz Al-Qur’an dengan Model Evaluasi CIPP (Contexs, Input, Process, Product) di MI Nadil Ulum Ory dan MIN 7 Maluku Tengah Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, DLL.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUAWANA LATUCONSINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Model evaluasi CIPP menjadi alat ukur sangat penting dalam program tahfidz al-Qur’an yang menekankan pada rana keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana hasil evaluasi pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an ditinjau dari Context, Input, Process, dan Product di MI Nadil Ulum Ory? 2). Bagaimana hasil evaluasi pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an ditinjau dari Context, Input, Process, dan Product di MIN 7 Maluku Tengah? 3). Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat Program Tahfidz Al-Qur’an ditinjau dari Context, Input, Process, dan Product di MI Nadi Ulum Ory dan MIN 7 Maluku Tengah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, waktu penelitian berlangsung selama 1 bulan pada tahun 2022, informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru 6 orang, peserta didik 6 orang dan orang tua wali 5 orang yang terlibat dalam program tahfidz Qur’an. Tekhnik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentas. Analisis datanya menggunakan Reduski data, Penyajian data, perivikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Evaluasi program tahfidz Qur’an di MI Nadil Ulum Ory pencapaian dari setiap tahapan Evaluasi yakni, context, input, process, dan product berjalan dengan baik, Hasil dari tahapan itu adalah tercapainya visi, misi, dan tujuan madrasah, serta kebijakan madrasah. Kemampuan guru, peserta didik dan madrasah dalam memahami program tahfidz Qur’an. Penggunaan metode dalam pembelajaran tahfidz yang menghasilkan interaksi yang baik diantara guru dan peserta didik. Pencapaian hasil belajar membuat peserta didik dapat menghafal juz 30 serta perubahan sikap terhadap kepribadian peserta didik. 2) Evaluasi program tahfidz Qur’an di MIN 7 Maluku Tengah pencapaian dari setiap tahapan Evaluasi yakni, context, input, process, dan product berjalan dengan baik, serta telaksananya kebijakan madrasah, Evaluasi Input guru dan peserta didik memiliki kemampuan membaca dan menghafalkan al-Qur’an serta menyediakan sarana fasilitas program, Evaluasi Process metode, interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran tahfidz berjalan baik, Evaluasi Product pencapaian hafalan juz 30 dan perubahan kepribadian peserta didik serta menciptakan generasi Qur’ani. 3) Faktor pendukung dari aspek internal meliputi motivasi dan kecerdasan peserta didik. Dan aspek eksternal meliputi guru, proses pembelajaran, orang tua, dan sarana fasilitas madrasah. Faktor penghambat seperti aspek internal yang meliputi rasa malas, bosan dan tidak nyaman, aspek eksternal meliputi guru khusus tahfidz Qur’an yang belum ada, dan waktu yang masih terlalu sempit untuk pembelajaran tahfidz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Adam Latuconsina, M.Si. / Dr. St. Jumaeda, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Program Evaluasi, Tahfidz Qur’an , Model CIPP.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:53
Last Modified: 25 Nov 2022 01:53
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item