Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu As-Salam Ambon

Syafit, Mohd (2022) Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu As-Salam Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, DLL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MOHD STAFIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis RPP guru dalam mengembangkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu As-salam Ambon. Rumusan masalahnya yaitu Bagaimanakah muatan keterampilan berfikir kreatif peserta didik pada RPP mata pelajaran IPA? dan Apa hambatan yang dihadapi guru dalam melakukan penilaian hasil belajar yang mengembangkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPA? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatipf, Data dikumpulkan dengan teknik observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. kemudian data dianalisis dengan analisis model jalur. Teknik ini terdiri dari tiga jalur yang berlangsung secara bersamaan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan atau verifikasi). Hasil penilaian RPP menunjukan bahwa dalam menyusun RPP guru sudah termasuk kedalam kategori baik. Kesesuaian indikator kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada RPP yang dibuat oleh subjek pertama diperoleh presentase sebesar enam puluh sembilan koma dua persen dan kesesuaian indikator berfikir kreatif dengan RPP subjek kedua diperoleh presentase sebesar delapan puluh koma enam persen, dan pada subjek ketiga memperoleh sebesar seratus persen. Hal ini menunjukan bahwa terdapat kesesuaian antara RPP dengan indikator berfikir kreatif. Sedangkan hambatan yang dihadapi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran yaitu terdapat beberapa peserta didik yang tidak memahami materi pelajaran karena pembelajaran dilakukan secara Online dan sulitnya guru melakukan penilaian yang mengandung tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Rekomendasi untuk peneliti agar dapat digunakan sebagai acuan bahan pemikiran yang lebih mendalam akan pentingnya mengetahui hubungan antara perencnaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru dalam Mengembangkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik dan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Anasufi Banawi, M.Pd / Siti Nurjanah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Keterampilan, dan Berfikir Kreatif
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:41
Last Modified: 28 Nov 2022 01:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item