Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Self Control (Kontrol Diri) Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Ani Kabupaten Seram Bagian Barat

Ramli, La Ode (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Self Control (Kontrol Diri) Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Ani Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan kontrol diri peserta didikdi Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Ani KabupatenSeram Bagian Barat. Dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan kontrol diri peserta didikdi Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Ani KabupatenSeram Bagian Barat. Jenis penelitian ini yang digunkaan adalah deskriptif kualitatifdengan tipe penelitian lapangan (field reseach) dengan waktu penelitian dilakukan selama satu bulan terhitung mulai dari tanggal 29 Oktober sampai dengan 29 November 2021. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Adapun tehnik yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan realitas yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian terkait peranan guru akidah akhlak dalam penguatan kontrol diri peserta didik MA Ikhlas Beramal Ani menunjukkan bahwa; 1. Guru akidah akhlak dalam penguatan kontrol diri peserta didik MA Ikhlas Beramal Ani sudah berperan dengan baik dimana guru akidah akhlak berperan dalam mengajarkan tentang kejujuran, kedisiplinan, sopan-santun dan keteladanan sebagai sebagai kontrol diri pada peserta didik di MA Ikhlas Beramal Ani. Selain itu guru akidah akhlak menggunakan media berbasis teknologi yang berkembang saat ini untuk mendukung proses penguatan kontrol diri peserta didik agar peserta didik tidak salah menggunakan tenkologi ke arah yang salah. Peranan guru tersebut telah dilaksankaan dengan baik seperti yang diharapkan walaupun penerapannya belum maksimal. 2. Faktor penghambat dalam penguatan kontrol diri peserta didik di MA Ikhlas Beramal Ani adalah faktor eksternal seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan adanya media sosial yang berlebihan dan tanpa bimbingan orangtua. Faktor pendukung dalam penguatan kontrol diri peserta didik adalah lingkungan madrasah yang selalu mendukung penguatan kontrol diri peserta didik. Faktor pendukung dalam penguatan kontrol diri peserta didik MA Ikhlas Beramal Ani yaitu dari latar belakang lingkungan keluarga, dimana keluarga akan mengajarkan hal-hal baik terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Nursaid, M. Ag / Pembimbing II : Nur Khozin, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Guru Akidah Akhlak Kontrol Diri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:45
Last Modified: 28 Nov 2022 05:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item