Kreativitas Guru PAI Dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik kelas VIII di SMP Negeri 23 Kahena Ambon

Keliata, Masrum (2021) Kreativitas Guru PAI Dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik kelas VIII di SMP Negeri 23 Kahena Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru PAI Dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik kelas VIII di SMP Negeri 23 Kahena Ambon. Adapun fokus penelitian ini yaitu Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan peserta didik terkait dengan keterlambatan peserta didik untuk datang ke sekolah, tidak menghiraukan bel masuk, dan sering tidak mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalahnya bagaimana kreativitas guru PAI dalam menanggulangi kenakalan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 23 Kahena Ambon. Dan apasaja faktor pendukung dan penghambatnya. Tipe penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 28 Juni 2021 sampai dengan 28 Juli 2021 di SMP Negeri 23 Kahena Ambon. Subjek penelitian Kepala sekolah, 2 orang guru PAI, dan 7 orang peserta didiki. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Serta menggunakan analisis reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kenakalan peserta didik di SMP Negeri 23 Kahena Ambon termasuk kategori kenakalan yang ringan diantaranya: pernah berkelahi antara sekolah, bolos, malas buat tugas, ganggu teman-teman yang lain, berkeliaran di luar pada saat jam belajar dan lain-lain. Kreativitas guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMP Negeri 23 Kahena Ambon. Memberikan nasehat, langsung datang ke rumah, menceramahi siswa, kerja sama dengan masyarakat. Faktor-faktor yang menghambat guru PAI dalam menanggulangi kenakalan peserta didik yaitu: faktor pendukung dari Sekolah maksudnya pihak sekolah sangat mendukung kreativitas-kreativitas yang dilakukan oleh guru PAI dan masyarakat maksudnya: masyarakat setempat pun berpartisipasi dalam hal ini melakukan pencegahan atau menghentikan peserta didik yang sering melakuakan tindakan yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Faktor penghambat dari orang tua siswa maksudnya adalah ketika guru PAI melakukan kerja sama, namun orang tua sering terlambat lapor ke guru PAI atau pihak sekolah bahkan tidak memberikan laporan ketika anak-anak mereka melakukan kenakalan-kenakalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : La Adu, M. A / Pembimbing II : Mokhsin Kaliky, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 29 Nov 2022 00:26
Last Modified: 29 Nov 2022 00:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item