Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Dipadu Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 8 Huamual

Datumboyo, Sarni (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Dipadu Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 8 Huamual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran problem posing adalah pembelajaran yang menuntun pembuatan soal oleh siswa yang dapat mereka pikirkan tanpa pembatasan apapun baik terkait isi maupun konteksnya. Model pembelajaran ini dapat memberikan kebebasan kepada siswa untuk berpikir dalam memahami materi. Media gambar merupakan kombinasi dengan peran media gambar ini dapat menarik perhatian siswa dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi sehingga akan muncul motivasi untuk lebih mengetahui tentang gambar yang dijelaskan dan gurupun dapat menyampaikan materi dengan optimal melalui media gambar tersebut. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan mulai dari tanggal 26 Januari sampai tanggal 26 Februari 2022. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan belajar biologi dengan penggunaan strategi pembelajaran problem posing dipadu dengan media gambar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Huamual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK. Dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang, dengan pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari tahu presentase nilai afektif, kognitif dan psikomotor dan dicari rata-ratanya setelah itu ditarik kesimpulan disesuaikan dengan KKM. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jumlah siswa yang tuntas pada tes awal siklus I adalah 17,6 % (3 dari 17 siswa), dengan rata-rata nilai 46,4 masuk dalam katagori kurang, sedangkan pada tes akhir siklus I jumlah yang tuntas adalah 29,4 % (5 dari 17 siswa) dengan rata-rata nilai 44,7 masuk dalam katagori kurang. Jumlah tersebut meningkat pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebesar 99% (16 dari 17 siswa). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dipadu dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar tuntas siswa pada materi pencemaran lingkungan, dan juga baik digunakan oleh guru yang ada di sekolah SMP Negeri 8 Huamual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Corneli Pary, S. Pd., M. Pd / Pembimbing II : Tri Santi Kurnia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem posing Pencemaran Lingkungan Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:51
Last Modified: 29 Nov 2022 01:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item