Penggunaan Video Pembelajaran Materi Panca Indra yang Terintegrasi Keislaman Terhadap Kemampuan Menjelaskan Fenomen Ilmiah pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Ambon

Sangaji, Anawia (2022) Penggunaan Video Pembelajaran Materi Panca Indra yang Terintegrasi Keislaman Terhadap Kemampuan Menjelaskan Fenomen Ilmiah pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Media video pembelajaran merupakan salah satu media audio visual yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai media video pada umumnya digunakan untuk tujuan- tujuan hiburan, dokumentasi dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran materi panca indra yang terintegrasi keislaman terhadap kemampuan menjelaskan siswa dan pembentukan karakter siswa pada siswa kelas IV MIN 1 Ambon Tahun Pelajaran 2021/2022. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari sampai dengan 21 Maret 2022 di MIN 1 Ambon, dengan populasi penelitian kelas IV di MIN 1 Ambon dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV-B dan IV-C yang berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian menggunakan (1) Tes berupa soal tes, (2) Nontes berupa angket, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa rata – rata hasil tes siswa kelas eksperimen sebesar 82,20 sedangkan pada kelas kontrol 70,65 dan karakter siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik yaitu berjumlah 18 siswa dengan presentase sebesar 90%. Karakter siswa yang dimaksud dalam penelitian ini ada empat yakni: Mandiri, Jujur, Disiplin,dan Tanggung jawab. Kemudian berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil tes siswa Sig. (2- tailed) < Signifikansi yaitu 0,007 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran materi panca indra yang terintegrasi keislaman terhadap kemampuan menjelaskan siswa dan karakter siswa di kelas IV MIN 1 Ambon. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yang ingin melanjutkan penelitian sejenis agar dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan video pembelajaran berbasis integrasi Islam guna untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan juga dapat membentuk karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, M. Pd / Pembimbing II : La Adu, S. PdI., M. A
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran Fenomena Ilmiah Islam
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:33
Last Modified: 30 Nov 2022 00:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

View Item View Item