Interaksi Sosial Antar Suku Buton dan Suku Jawa di Kompleks Jalan Baru RT 003 / RW 017 Kecamatan Sirimau Ambon

Soamole, Abjul (2021) Interaksi Sosial Antar Suku Buton dan Suku Jawa di Kompleks Jalan Baru RT 003 / RW 017 Kecamatan Sirimau Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk interaksi yang di jalin dalam bentuk Kerjasama atau gotong royong, Akomodasi yang terjadi di kompleks jalan baru lebih berbentuk pada kompromi dan juga tolenransi, Asimilasi yang terjadi antar suku buton dan suku jawa terlihat dari keseharian antar suku di kompleks jalan baru, Dalam kehidupan sehari-hari orang-suku jawa sering benggunakan bahasa ambon untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Faktor pendukung Interaksi sosial antar suku di kompleks jalan baru adalah sikap kekeluargaan yaitu jalinan ikatan perkawinan, kemudian kehidupan bertetangga yang baik, dan persahabatan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Perbedaan bahasa. penggunaan bahasa tubuh atau bahasa daerah masih sering digunakan. penggunaan bahasa tubuh sering digunakan saat berkomunikasi dengan mereka, sehingga menimbulkan ketidnyamanan buat orang suku buton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Ridwan Tunny, M. Si / Pembimbing II : Nia Novida, M. Si
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial Suku Buton Suku Jawa
Subjects: Sosiologi Agama
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama
Divisions: Berdasarkan Subyek > Sosiologi Agama
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:01
Last Modified: 30 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item