Upaya Guru TPQ dalam Memotivasi Peserta Didik dalam Kegiatan Tahfidzul Qur’an juz 30 di TPQ Al-Ikhlas Lorong Aspun Kecamatan Sirimau Kota Ambon

Muhammad, Syamsul (2022) Upaya Guru TPQ dalam Memotivasi Peserta Didik dalam Kegiatan Tahfidzul Qur’an juz 30 di TPQ Al-Ikhlas Lorong Aspun Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan memahami bagaimana Proses peserta didik di TPQ Al-Ikhlas dalam menghafal Juz 30, 2) mengetahui dan memahami Upaya yang dilakukan guru TPQ Al-Ikhlas dalam membimbing Tahfidzul Qur’an Juz 30 Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) mengambil data dari lapangan, dengan penggunaan metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) upaya guru memotivasi peserta didik: sebelum kegiatan hafalan Qur’an dimulai guru TPQ Al-Ikhlas terlebih dahulu memberikan motivasi kepada peserta didik diantara motivasinya adalah menceritakan kisah-kisah orang saleh yang menghafal al-Qur’an, memberikan pujian, penghargaan, hadiah yang akan mengikuti kompetisi. Dalam mengaplikasikan motivasi terebut guru sudah mampu berhasil memberikan motivasi kepada peserta didik, hal ini ditandai dengan adanya semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan Tahfidzul Qur’an dan juga kejuaraan dari berbagai perlombaan. Faktor pendukung dan penghambat: pendukungnya ialah kemampuan guru ngaji memotivasi peserta didik. Kerjasama antara guru ngaji dan orangtua siswa yang mengontrol hafalan peserta didik, disiplin terhadap waktu dan berpakaian rapi serta ketegasan guru ngaji kepada peserta didik yang tidak menghafal dengan memberikan hukuman kepada peserta didik, kemudian sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, kurang seriusnya peserta didik pada kegiatan Tahfidzul berlangsung/bermain-main dengan temannya pada saat kegiatan Tahfidzul berlangsung, kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dan lingkungan bermain peserta didik yang sangat berpengaruh kepada daya hafalan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : La Adu, M. A / Pembimbing II : Dr. Maimunah, M. A
Uncontrolled Keywords: Guru TPQ Motivasi Tahfidzul Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:55
Last Modified: 01 Dec 2022 00:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item