Urgensi Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di SD Negeri 5 dan SD Negeri 6 Namlea Kabupaten Buru

Djamulia, Wa (2022) Urgensi Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di SD Negeri 5 dan SD Negeri 6 Namlea Kabupaten Buru. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
WA DJAMULIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana urgensi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 Namlea dan SD Negeri 6 Namlea Kabupaten Buru dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 Namlea dan SD Negeri 6 Namlea Kabupaten Buru. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 19 Juli sampai dengan 19 Agustus 2022. Penelitian ini bertempat di SD Negeri 5 Namlea dan SD Negeri 6 Namlea Kabupaten Buru. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari 6 orang informan. Untuk data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian terkait dengan urgensi pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 dan SD Negeri 6 Namlea Kabupaten Buru, maka dapat disimpulkan sebagai berikut Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 dan SD Negeri 6 Namlea telah dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi/tindak lanjut memberikan efek baik terhadap peningkatan profesionalis guru PAI. Dampak supervisi SD Negeri 5 dan SD Negeri 6 Namlea terhadap peningkatan profesi guru PAI memiliki dampak nyata berupa guru dapat melaksanakan perencanaan pembelajartan, guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan macam-macam metode, model-model pembelajaran, menggunakan media pembelajaran sesuai materi yang diajarkan, melibatkan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, guru melaksanakan penilaian hasil belajar untuk kepentingan layanan belajar. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru PAI di SD Negeri 5 Namlea Kabupaten Buru dan SD Negeri 6 Namlea Kabupaten Buru adalah waktu, kesiapan guru, implementasi RTL dan keterbatasan interaksi kepala sekolah dengan guru karena ada tugas yang dikerjakan kepala sekolah dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Adam Latuconsina, M.Si / Dr. Hasan Lauselang, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 01 Dec 2022 23:05
Last Modified: 01 Dec 2022 23:05
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item