Hatuina, Norma (2022) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Sikap Spritual Dan Sikap Sosial Peserta Didik di SD Negeri 9 Namlea Kabupaten Buru. Tesis thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
NORMA HATUINA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (867kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana uapaya gauru Peandidikan Agamaa Islaam daalam meaningkatkan sikaap spairitual daan sikaap sosaial pesaerta didaik dai SD Neageri 9 Namalea Kabaupaten Buruu dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik di SD Negeri 9 Namlea Kabupaten Buru. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 27 Juni sampai dengan 27 Juli 2022. Penelitian ini bertempat di SD Negeri 9 Namlea Kabupaten Buru. Adapun informan dalam penelitan ini 2 orang guru PAI. Untuk data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian terkait upaya guru PAI dalam meningkatkan sikap spritual dan sikap sosial peserta didik di SD Negeri 9 Namlea Kabupaten Buru, disimpulkan bahwa; 1. Upaya guru PAI dalam meningkatkan sikap spritual dan sikap sosial peserta didik di SD Negeri 9 Namlea Kabupaten Buru diantaranya; a). Sikap spiritual dilakukan melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, membaca doa di akhir pelajaran. Disamping itu, guru juga melakukan berdo’a bersama, mengajak sholat berjama’ah, kegiatan amal jariyah setiap hari Jum’at, mengaitkan materi agama Islam dengan kehidupan sehari-hari, guru memberikan teladan dengan selalu mengucap salam. b). Sikap sosial dilakukan guru PAI melalui kegiatan pelaksanaan berupa penggunaan metode aktif agar peserta didik aktif bertanya, presentasi dan aktif bekerja kelompok. Disamping itu guru mengajak peserta didik untuk melakukan bakti sosial, membiasakan 3S (senyum, salam, sapa) ketika bertemu guru dan orang lain, melaporkan kepada guru barang yang ditemukan, memberi hukuman peserta didik yang terlambat. 2. Faktor pendukung upaya guru PAI dalam meningkatkan sikap spritual dan sikap sosial peserta didik di SD Negeri 9 Namlea Kabupaten Buru dilihat dari; a). Faktor pendukung meliputi; fasilitas sekolah berupa media pembelajaran seperti LCD, penggunaan metode aktif, program sekolah seperti kegiatan berdoa bersama, bakti sosial, memperingati hari-hari Nasional, b). Sedangkan faktor penghambat dari pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial adalah pengaruh negatif teknologi, belum tersedianya buku paket yang memadai dan lingkungan yang kurang kondusif karena berada dekat di lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Hj. St. Jumaeda, M.Pd.I / Dr. Ridhwan Latuapo, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAI, Sikap Spiritual, Sikap Sosial Peserta Didik |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 23:28 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 23:28 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2786 |
Actions (login required)
View Item |