Persepsi Guru PAI Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah Dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah Pada Masa Pandemi Covid-19

Tihurua, Cendrawiyah (2021) Persepsi Guru PAI Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah Dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah Pada Masa Pandemi Covid-19. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CENDRAWIYAH TIHURUA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19, seperti yang dilakukan di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah tersebut dalam proses belajar mengajar yang diterapkan sehari-hari khususnya mata pelajaran PAI adalah dengan menggunakan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui persepsi guru PAI terhadap penggunaan daring dalam memotivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah pada masa pandemic covid-19 Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dalam memotivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dalam memotivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah dengan subjek penelitian ini peserta didik kelas X dengan jumlah peserta didik masing-masing SMA Negeri 37 Maluku Tengah 33 Peserta didik dengan 2 orang guru PAI dan 31 orang guru mata pelajaran lainnya sedangkan di SMA Negeri 4 Maluku Tengah 33 Peserta didik dengan 2 orang guru PAI dan 47 guru mata pelajaran lainnya . Untuk menganalisis data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskripsi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait persepsi guru PAI terhadap penggunaan media pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah pada masa pandemi covid-19 disimpulkan bahwa pembelajaran daring di era covid-19 pada peserta didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah yang dilakukan dengan berbagai aplikasi aplikasi yang memudahkan dalam belajar sehingga peserta didik dapat mengakses pembelajaran dengan leluasa seperti; e-learning, whatsapp dan google, zoom sangat memberikan dampak positif bagi peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Dengan memanfaatkan e-learning, whatsapp dan google, zoom sebagai media pembelajaran daring selama masa pandemi, telah memberikan efek yang positif yaitu memotivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah Meskipun dalam masa pandemi Covid-19. Untuk memotivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan SMA Negeri 4 Maluku Tengah terdapat beberapa indikator: Disiplin, Kehadiran dan Penyetoran tugas. tetap. Adapun Faktor pendukung pembelajaran daring meliputi; 1) sebagai pengganti tatap muka secara langsung, 2) lebih fleksibel, 3) mencegah penularan virus dan 4). Pengembangan TIK dan faktor penghambat pembelajaran daring diatara; 1) Keterbatasan media, 2) Susah signal dan menambah biaya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Adam Latuconsina, M.Si / Dr. Kapraja Sangaji, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:15
Last Modified: 23 Dec 2022 01:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item