Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah

Lestaluhu, Siti Rona (2021) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SITI RONA LESTALUHU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SMA Negeri 37 Maluku Tengah adalah sekolah pemerintah yang berada di kota Masohi yang heterogen dan memiliki keragaman etnis atau suku, agama, dan budaya. Untuk mencegah konflik sosial karena keberagaman dan perbedaan kultural ini di perlukan pemahaman pentingnya nilai-nilai pendidikan multikultural. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan waktu penelitian yang dimulai dari tanggal 4 Januari sampai dengan 4 Februari 2021 yang berlokasi di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisi dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), penyajian data (data display), dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari; a. Terciptanya suasana lingkungan sekolah yang multikultur, b. Penanaman nilai-nilai multikultural di wujudkan dalam pendidikan formal (sekolah), dan c. Kurikulum yang digunakan oleh SMA Negeri 37 Maluku Tengah seperti di sekolah lainnya yaitu menggunakan Kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah adalah nilai-nilai saling menghargai, saling menghormati, toleransi, nilai kasih sayang, dan nilai keadilan yang selalu di aplikasikan dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah serta di dalam kelas maupun luar kelas sehingga tercipta kehidupan yang harmonis. Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA Negeri 37 Maluku Tengah antara lain, faktor pendukung: a. Adanya kerjasama yang baik antara semua komponen sekolah, mulai dari guru, siswa, dan karyawan sekolah, b. Lingkungan sekolah yang sudah multikultur, sehingga siswa terbiasa dengan perbedaan yang ada, c. Sekolah memberikan keluasan kepada siswa dalam mengembangkan potensinya baik melalui intra maupun ekstra sekolah sehingga siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan sekolah dan mengurangi konflik suku dan agama. Sedangkan faktor penghambat: a. Adaptasi antara siswa satu dengan yang lain pada awal masuk penerimaan siswa baru, b. Rentan terjadi konflik sosial karena letak sekolah SMA Negeri 37 Maluku Tengah yang dekat dengan jalan raya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abidin Wakano, M. Ag / Dr. Abdullah Latuapo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:35
Last Modified: 23 Dec 2022 01:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item