Fatsey, Wiwin (2021) Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (168kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas: (1) Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Ambon, dan (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah Ambon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui profesionalitas guru pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah Ambon; dan (2) untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan dari tanggal 24 September 2020 sampai 24 Oktober 2020 di SMP Muhammadiyah Ambon. Subjek penelitian berjumlah empat orang, yaitu kepala sekolah, dua orang guru Pendidikan Agama Islam dan salah satu peserta didik SMP Muhammadiyah Ambon. Tingkat pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada temuan data di lapangan, bahwa. (1). profesionalitas guru pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah Ambon digambarkan dalam keempat kemampuan yaitu, kemampuan pedagogik; yakni kemampuan guru menyusun RPP, Silabus, Program tahunan dan Program semester, kemampuan improfisasi metode pembelajaran dan kemampuan menilai hasil belajar peserta didik melalui penilaian berbasis kelas. Kemampuan kepribadian; digambarkan dengan penanaman kedisiplinan (self dicipline) dan tangung jawab dalam tugas. Kemampuan sosial; digambarkan dengan hubungan komunikasi yang baik dengan kepala sekolah teman sejawat, orangtua peserta didik dan partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Sedankan kemampuan profesional di gambarkan dengan yang memiliki kualifikasi akademik dan guru mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusan yang dimilikinya. (2). Sedangkan peningkatan mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah Ambon, dimulai dari. Perencanaan pembelajaran: Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa yang harus dipersiapkan oleh guru yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran. Yang terdiri dari RPP dan Silabus. SK, KD, indikator pencapayaan kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar. Sumber belajar: yakni mulai dari; Kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti, Kegiatan penutup. Penilaian hasil pembelajaran: Penilaian dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Nur Hasanah, M.S.I. / Saddam Husein, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Profesionalitas guru pendidikan agama Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 05:01 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 05:01 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2852 |
Actions (login required)
View Item |