Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat-Surat Pilihan Peserta Didik Tunagrahita Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SLB Negeri Batu Merah Ambon

Biloro, Hariati (2021) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat-Surat Pilihan Peserta Didik Tunagrahita Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (721kB)
[img] Text
FULL SKRPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk kenakalan peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon dan untuk Untuk mengetahui bentuk upaya guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat-surat pilihan peserta didik tunagrahita pada masa pandemi covid-19 di SLB Negeri Batu Merah Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat-surat pilihan peserta didik tunagrahita pada masa pandemi covid-19 di SLB Negeri Batu Merah Ambon dan untuk mengetahui upaya guru PAI mengatasi kendala dalam kemampuan hafalan surat-surat pilihan peserta didik tunagrahita pada masa pandemi covid-19 di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 15 Januari sampai dengan 15 Februari 2021. Lokasi penelitian ini di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Subjek penelitian adalah 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru PAI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Bentuk upaya guru dalam meningkatkan hafalan surat-surat pilihan pada siswa tunagrahita di masa pandemi Covid-19 ini dinilai cukup baik, lantaran guru selalu melakukan inovasi-inovasi baru dengan cara guru memadukan berbagai metode, teknik, dan strategi dalam proses hafalan sehingga memudahkan siswa dalam menghafalakan. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan hafalan siswa tunagrahita di SLB Negeri Batu Merah Ambon pada masa pandemi Covid-19 ini diantaranya adanya dukungan dari berbagai pihak seperti dukungan dari orang tua berupa perhatian dan kasih sayang yang lebih, serta dibutuhkan guru yang sabar, cakap dan mampu memahami setiap karakter siswa, dan adanya sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam proses hafalan yaitu kurangnya perhatian dan pembimbingan yang diberikan oleh guru dikarenakan ditiadakannya pembelajaran secara tatap muka sehingga guru merasa kesulitan dengan diterapkannya pembelajaran daring tersebut serta kurangnya pengetahuan dari orang tua terhadap pembelajaran daring tersebut yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran daring secara maksimal. (3) Cara untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan cara guru menjalin suatu pendekatan terhadap orang tua siswa untuk memantau kegiatan siswa di rumah, adanya motivasi yang diberikan oleh guru ketika melakukan home visit, serta adanya evaluasi setiap minggunya dan pemberian reward kepada siswa untuk memotivasi siswa agar semangat dalam menghafalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Djamila Lasaiba, M. A / Pembimbing II : Nurlaila Sopamena, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Guru PAI Hafalan Surah Tunagrahita Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:25
Last Modified: 28 Dec 2022 01:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item