Manajemen Laboratorium Agama Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran fiqh di MTs Negeri Ambon

-, Sumiyani (2021) Manajemen Laboratorium Agama Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran fiqh di MTs Negeri Ambon. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SUMIYANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Studinya dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat dan semangat siswa dalam pembelajaran fiqh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi laboratorium agama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqh di MTs Negeri Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengelolaan laboratorium agama dalam mensosialisasikan kualitas pembelajaran fiqh di MTs Negeri Ambon. MTs Negeri Ambon dan cara mengatasinya. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan Kualitatif. Sebagai subjek penelitian yaitu kepala madrasah, pengelola laboratorium agama, dan guru fiqih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi wawancara dan observasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaan sebelumnya diadakan sarana dan prasarana pengajaran sebagai penunjang kegiatan pembelajaran di laboratorium. (2) Pelaksanaan laboratorium Agama dengan menyesuaikan jadwal pembelajaran yang telah diatur. Dan dalam pelaksanaan pembelajaran guru Fiqih menyusun rpp dan silabus serta menyampaikan materi berdasarkan rpp dan silabus yang telah disusun dan dalam penyampaian materi guru menggunakan metode sesuai materi yang diajarkan. Pada tahap akhir guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah disampaikan. Semuanya memberikan kata-kata yang dapat menimbulkan semangat yang kemudian ditutup dengan doa penutup majelis. (3) Pada tahap akhir guru memberikan kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan. Semuanya memberikan kata-kata yang dapat menimbulkan semangat yang kemudian ditutup dengan doa penutup majelis Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tujuan agar guru mengetahui kelemahan dan kekurangan dalam melaksanakan proses pembelajaran di laboratorium, dan evaluasi alat praktikum dilakukan pada akhir semester. Penilaian yang dilakukan terhadap kompetensi yang telah dicapai siswa dilakukan pada setiap akhir pembelajaran Fiqih di laboratorium, dengan beberapa teknik yaitu tes tertulis, tes tugas dan tes tidak tertulis: Faktor pendukung berupa fasilitas yang ada. yang disiapkan cukup memadai baik alat, bahan dan media dalam pembelajaran fiqih semangat, kerjasama yang baik antara guru dengan siswa dan juga guru yang berkompeten di bidang kajian dan dalam penggunaan, media bahan dan alat praktikum, keterbatasan lahan, kemudian belum adanya teknisi , Adapun solusi dari kendala yang dialami yaitu mengalokasikan dana bantuan berupa dana bos untuk mengadakan alat bantu berupa proyektor atau pihak sekolah mengajukan ke kandepak mengenai alat peraga yang dibutuhkan sekolah. Dan mengadakan penerimaan pegawai teknis agar sekolah memiliki teknologi khusus.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd.I / Dr. Nurhasanah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Laboratorium Agama Islam
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam

Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:25
Last Modified: 04 Jan 2023 02:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item View Item