Renwarin, Syarifah Wati (2022) Pola Edukasi Sosial Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Edukasi Sosial Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon Dalam pembahasan ini dua pokok permasalahan yang peneliti gunakan yaitu Bagaimana pola edukasi sosial santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon dan implementasi dari pola edukasi sosial santri dalam menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon, Subyek penelitian tersebut diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Triangulasi sumber digunakan sebagai teknik dalam pemeriksaan keabsahan data. Langkah-langkah yang diambil dalam analisis data adalah reduksi data, unitasi dan kategorisasi, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa program kegiatan yang non formal yang dilaksanakan pondok pesantren dalam sepanjang waktu juga ada program yang bersifat formal. Yaitu, seperti adanya program pengabdian yang ditangani oleh yayasan, dan program tersebut diharuskan bagi santri yang sudah lulus menengah atas (SMA). Program pengabdian tersebut dilaksanakan diberbagai cabanng Al-Anshor di daerah, Hal ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan alumni dalam kegiatan sosial keagamaan pada masyarakat dilingkungan pengabdiannya. Dengan kata lain para alumni yang bertugas di suatu tempat disamping meraka mempunyai tanggung jawab untuk mengajar di lembaga formal mereka juga berkewajiban memberikan pembelajaran kepada masyarakat melalui kegiatan sosial keagamaan dan Keberadaan pondok pesantren sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas keilmuan serta moral yang baik bagi para santri maupun masyarakat. Peningkatan kualitas tersebut berupa pendidikan keagamaan yang tentunya merupakan karakteristik khas dari pondok pesntren. Beberapa hal tersebut dapat tercapai melalui pengintegrasian antara ilmu umum dan ilmu agama dalam sistem pendidikan pondok pesantren yang memberikan teladan yang baik dengan bertujuan untuk membekali masyarakat dan para santri dalam perjalanan hidupnya sehari-hari dan juga para santrinya agar setelah keluar dari pondok pesantren Al-Anshor mampu hidup berdikari dan mandiri dalam kehidupan bermasyarakat yang selanjutnya berimplikasi pada kemampuan untuk menghadapi tuntutan perubahan zaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Arman Man Arfa, M.Pd.I / Baiti Ren'el, M.Sos.I |
Uncontrolled Keywords: | Edukasi Sosial, Santri |
Subjects: | Sosiologi Agama IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama |
Divisions: | Berdasarkan Subyek > Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 03:15 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 03:15 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2884 |
Actions (login required)
View Item |