Usaha Para Guru Mata Pelajaran Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di MTs. Al-Irsyad Hutawa Dusun Telaga Kodok Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

-, Surida (2021) Usaha Para Guru Mata Pelajaran Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di MTs. Al-Irsyad Hutawa Dusun Telaga Kodok Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SURIDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru sebagai seorang pendidik sekaligus pengajar harus mampu melihat kondisi maupun keadaan biologis peserta didik, karena guru memiliki andil yang sangat besar terhadap terwujudnya perilaku peserta didik yang sesuai dengan ajaran Islam. Serta pembinaan karakter peserta didik dan juga faktor pendukung lainnya yang dapat membina sifat dan perilaku peserta didik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan peserta didik dan usaha guru rumpun pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs. Al-Irsyad Hutawa dusun Telaga Kodok kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala Madrasah, 4 orang guru rumpun Pendidikan Agama Islam yaitu: 1 orang guru Akidah Akhlak, 1 orang guru Al-Qur’an Hadits, 1 orang guru Fikih, dan 1 orang guru SKI, serta 3 orang peserta didik, sehingga berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha guru rumpun pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs. Al-Irsyad Hutawa dusun Telaga Kodok kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah, ternyata sangat penting karena tugas dan tanggung jawab utama seorang guru pendidikan agama Islam adalah mendidik peserta didik supaya peserta didik memiliki pengetahuan dan kepribadian yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dalam mengantisipasi bentuk-bentuk kenakalan peserta didik seperti terlambat datang di sekolah, menyontek pada saat ujian, membolos, berkata tidak sopan, dan yang lainnya yang dilakukan oleh peserta didik tersebut, dan diantara usaha guru rumpun pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik seperti pembinaan seperti pemberian nasehat supaya tidak melakukan kenakalan dan keteladanan yang baik, pembiasaan perilaku yang baik dan bermanfaat bagi peserta didik seperti seperti belajar dan mengkaji Al-Qur’an serta usaha represif dengan memberikan sangsi dan teguran yang wajar sesuai dengan tingkat penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik. Misalkan ketika peserta didik terlambat datang ke sekoalah atau membolos maka akan diberikan sangsi berupa menulis kalimat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatan itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdullah Latuapo, M.Pd.I / Saida Manilet, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Peserta didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:01
Last Modified: 18 Jan 2023 02:01
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2926

Actions (login required)

View Item View Item