Analisis kandungan angka lempeng total bakteri dan kapang pada produk olahan fish nugget berbahan dasar limbah ikan dengan penambahan ekstrak kulit nanas

Marwah, Andi Sitti (2017) Analisis kandungan angka lempeng total bakteri dan kapang pada produk olahan fish nugget berbahan dasar limbah ikan dengan penambahan ekstrak kulit nanas. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_76.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I,III,V_76.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan letak geografisnya sebagai Negara bahari, Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya yang berbasis kemaritiman. Namun hal itu dapat terwujud bila potensi bahari yang dimiliki dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya pemanfaatan limbah ikan menjadi produk yang bernilai jual ekonomis. Tidak hanya itu, pemanfaatan limbah ikan juga sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan. Sebab, limbah pada umumnya merupakan penyebab terjadinya pencemaran lingkungan. Namun demikian, apabila dimanfaatkan secara tepat, maka terjadinya pencemaran tersebut dapat dihindarkan. Disamping itu, dengan penanganan dan pemanfaatan secara tepat, limbah yang semula merupakan materi (bahan) yang dianggap tidak berguna lagi, ternyata dapat bernilai ekonomi yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengolahan limbah ikan menjadi Fish Nugget dengan penambahan ekstrak kulit nanas dan menganalisis kandungan angka lempeng total (ALT) bakteri dan kapang pada Fish Nugget berbahan dasar limbah ikan dengan penambahan ekstrak kulit nanas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Rancangan Acak Lengkap” dengan satu faktor yaitu konsetrasi ekstrak kasar kulit nanas. Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian ekstak kulit nanas terhadap pertumbuhan bakteri dan kapang, menunjukkan bahwa angka lempeng total bakteri dan kapang pada sampel Fish Nugget yang diuji adalah 0 kol/ml untuk 100%, 1 kol/ml untuk 80 %, 46 kol/ml untuk 60%, dan 3 kol/ml untuk 40% dengan perlakuan konsetrasi ekstrak kulit nanas. Waktu inkubasi yang digunakan oleh peneliti adalah 7 x 24 jam karena pengamatan 1 x 24 jam tidak menunjukkan pertumbuhan bakteri ataupun kapang pada media NA maupun PDA. Rentang waktu inkubasi yang diperpanjang selama 7 hari dimaksudkan untuk melihat adanya pertumbuhan bakteri ataupun kapang pada media NA maupun PDA, tetapi setelah 7 x 24 jam hasil yang diperoleh bahwa Fish Nugget berbahan dasar limbah ikan dengan perlakuan konsentrasi eksrak kulit nanas aman untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Nur Alim Natsir, M.Si Pembimbing II. Dr. Muhammad Rijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Angka lempeng total Bakteri Kapang Fish nugget Limbah ikan Ekstrak Kulit Nanas
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 21 Apr 2020 06:49
Last Modified: 21 Apr 2020 06:49
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item