Pengaruh kinerja guru pamong terhadap kualitas akademik mahasiswa praktek profesi keguruan terpadu (PPKT) di MTs Negeri Ambon

Ali, Erni (2019) Pengaruh kinerja guru pamong terhadap kualitas akademik mahasiswa praktek profesi keguruan terpadu (PPKT) di MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_55.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_55.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh kinerja guru pamong terhadap prestasi kemampuan akademik mahasiswa PPKT di sekolah tersebut. Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan pada MTs Negeri Ambon yang berlokasi di kebun cengkeh Ambon ditemukan pentingnya pengaruh kinerja para guru pamong dalam membimbing mahasiswa PPKT di lokasi tersebut. Masalah dalam penelitian ini yaitu; bagaimana pengaruh serta besar pengaruh kinerja guru pamong terhadap kemampuan akademik mahasiswa PPKT di MTs Negeri Ambon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yakni penelitian yang memberikan gambaran tentang situasi dan kejadian secara sistematis dan faktual mengenai faktor-faktor dan sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang dimiliki untuk melakukan akumulasi dasar-dasarnya, dimana pada umumnya metode ini diartikan secara luas yaitu bukan hanya memberikan gambaran terhadap fenomena, melainkan juga menerangkan hubungan – hubungan, menguji hipotesis, memperkuat prediksi serta mendapatkan makna dan komplikasi dari permasalahan yang hendak dicapai. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, yakni sejak tanggal 15 Oktober – 15 November 2018. Dari hasil penelitian, maka diangkat kesimpulan yakni Terdapat pengaruh peran guru pamong terhadap keberhasilan mahasiswa PPKT. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis product moment dimana nilai r > r = 0,14, yakni 0,38 > 0,14. Adapun nilai db = 2 dan nilai N = 8. Besarnya pengaruh kinerja guru pamong terhadap keberhasilan mahasiswa PPKT terlihat pada nilai koefisien determinasi yang menunjukan bahwa secara umum kualitas akademik mahasiswa PPKT di sekolah MTs Negeri Ambon dipengaruhi oleh kinerja guru pamong yaitu sebesar 14,5 % dan sisanya 85,5 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi dalam belajar mengajar, bimbingan dosen lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd.I pembimbing II; Cornelia Pary, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pamong Praktek profesi keguruan terpadu (PPKT)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 22 Apr 2020 06:21
Last Modified: 22 Apr 2020 06:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item