Opier, Nilda (2022) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 21 Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (462kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (494kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (862kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu model alternatif pemecahan masalah dengan langkah-langkah pembelajaran yang sangat efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya mengunakan metode konvensional saja. Permasalahan siswa yang mampu ditangani oleh model pembelajaran jigsaw seperti siswa yang pasif adalah dengan adanya langkah pembelajaran pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli. Pada langkah membentuk kelompok asal, setiap siswa akan ditugakan untuk mengerjakan soal- soal yang diberikan guru kepadanya. Siswa secara individu mengerjakan soal-soal tersebut berdasarkan kemampuannya sendiri dan kemudian hasil pekerjaannya itu didiskusikan dengan rekan-rekannya di kelompok asal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu rancangan penelitian yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas praktek pembelajaran di kelas. Guru yang melakukan penelitian tindakan kelas berperan ganda, yaitu sebagai guru dan sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 28 juni 2022-tanggal 28 Juli 2022. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 21 Kabupaten Maluku Tengah.dengan jumlah sampel 20 siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan hasil belajar biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 21 kabupaten maluku tengah. 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 21 Maluku Tengah. 2) Hasil belajar sebelum di lakukan tindakan oleh peneliti presentasi ketuntasan belajar siswa hanya 35% ,sedangkan pada siklus I presentasi ketuntasan siswa 70% dan pada siklus 2 presentasi ketuntasan siswa 90%. Termasuk kategori baik sekali. Dengan demikian maka ketuntasan belajar pada siklus II dinyatakan berhasil karna telah mencapai standar ketuntasan secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Hj. Cornelia Pary, M.Pd / Nana Ronawan Rambe, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 24 May 2023 01:59 |
Last Modified: | 24 May 2023 01:59 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3295 |
Actions (login required)
View Item |