Penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Nadil Ulumiddiniyah Ory

Kotta, Nisma (2019) Penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Nadil Ulumiddiniyah Ory. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_96.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_96.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pengubahan sikap dan tingkalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan penilitian guru harus mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan efesien serta adanya ketrampilan dalam pengembangan pembelajaran strategi PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi. Strategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas. Adapun rumusan masalah dalam penilitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem pernapasan manusia siswa kelas VIII Mts.Nadil ulumiddinyah ory. Tujuan dalam penilitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar materi sistem pernapasan manusia melalui strategi PQ4R pada siswa kelas VIII MTs Nadil Ulumiddiniyah Ory. Dalam penilitian ini análisis hasil belajar biologi yang digunakan yakni análisis deskripsi yang di gunakan untuk mendiskiripsikan hasil belajar siswa. Penilitian ini dilakukan pada Mts.Nadil ulumiddinyah ory. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts.Nadil ulumiddiniyah ory. Yang berjumlah 20 siswa. Sumber data dalam penilitian ini adalah guru dan siswa. Instrument yang digunakan penilitian ini adalah tes awal (pra test) dan tes akhir (post test), lembaran penilaian afektif, psikomotorik, dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil penilitian dengan memberikan tes awal terlihat sebanyak 3 siswa (15%)dengan interval nilai 85-100 diklarifikasikan sangat baik, terdapat 3 siswa (15%) dengan interval nilai 70-84 diklarifikasikan baik, terdapat 14 siswa (70%) dengan interval nilai <60 diklarifikasikan gagal. Sedangkan pada tes hasil belajar dilanjutkan pada Tes akhir di mana dari 20 siswa menunjukan bahwa 14 siswa (70%) dengan interval nilai 85-100 diklarifikasikan sangat baik, 6 siswa (30%) dengan interval nilai 70-84 diklarifikasikan baik. Dengan demikian dikatakan bahwa pengunaan penerapan srategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Prof. Dr. Idrus Sere M.Pd.i Pembimbing II; Dr. Muhammad Rijal. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Pembelajaran Sistem pernapasan manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 30 Apr 2020 06:50
Last Modified: 30 Apr 2020 06:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item