Fenomena Hamil Di Luar Nikah Pada Usia Dini Dan Respon Orang Tua (Studi Kasus Di Desa Mastur Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara)

Seknun, Irma (2019) Fenomena Hamil Di Luar Nikah Pada Usia Dini Dan Respon Orang Tua (Studi Kasus Di Desa Mastur Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dan didukung oleh penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian lapangan yaitu peneliti secara langsung terjun di lapangan dalam pengumpulan data. Sedangkan penelitian kepustakaan ialah penelitian yang dilakukan dengan mengutip beberapa sumber dan beberapa teori-teori para ahli serta buku-buku yang berkaitan dengan objek yang akan diteliti. Penelitian juga dilakukan secara langsung yaitu dengan mengambil data dari artikel-artikel dan websites internet. Dari hasil penelitian didapatkan gambaran bahwa: (1). Penyebab terjadinya hamil pranikah pada remaja di Desa Mastur terbagi menjadi 3 faktor yaitu faktor perilaku, faktor keluarga, dan dan faktor lingkungan. Faktor perilaku yang menjadi penunjang terjadinya hamil pranikah pada remaja di Desa mastur adalah: perilaku berpacaran yang terlalu bebas, rasa penasaran terhadap hubungan seksual. Faktor keluarga yang menjadi penunjang terjadinya hamil pranikah pada remaja di desa mastur adalah: Perceraian orang tua, kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, kondisi orang tua yang permisivisme, jauh dari pendidikan Islam. Faktor lingkungan yang menjadi penunjang terjadinya hamil pranikah pada remaja di desa mastur adalah: lingkungan pergaulan bebas, dan peluang yang mendukung untuk berbuat melakukan hubungan seksual. (2). Respon orang tua dan masyarakat Desa mastur terhadap fenomena hamil di luar nikah sebagai sebuah aib dan malapetaka terkhususnya keluarga inti. Sebab hal tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam dan moralitas, dikarenakan alasan yang dapat merugikan pihak wanita dan dapat mencoreng kehormatan serta nama baik keluarga, namun orang tua dan kelarga tetap berusaha untuk menyelesaikan dengan menikahkan mereka untuk menyelesaikan semua permasalahan. Kata kunci: Fenomena Hamil, Usia Dini, Respon Orang Tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : M. Taib Kelian, M. Fil. I / Pembimbing II : H. Deny Yarusain Amin, MT
Uncontrolled Keywords: Hamil Luar Nikah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 02 Apr 2020 00:12
Last Modified: 02 Apr 2020 00:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item