Mimi, Wa Ode (2019) Pembimbing I; Ummu Sa’idah, M.Pd.I Pembimbing II; Zamrin Jamdin, M.Pd Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 21 Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
Text
FULL SKRIPSI_111.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
BAB I,III,V_111.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Melalui pendidkan, kemampuan yang dimiliki setiap individu dapat dikembangkan dan membentuk pribadi yang bermartabat yang mampu menghargai dirinya sendiri maupun orang lain. Proses belajar mengajar hendaknya terjalin hubungan yang sifatnya mendidik dan mengembangkan sehingga proses belajar mengajar berjalan secara optimal, menyenangkan dan bermakna. Seorang guru harus memiliki beberapa konsep dan cara untuk menciptakan kualitas pembalajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam memecahkan suatu masalah. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam Ilmu Pengetahuan Alam Biologi atau pada konsep sistem ekskresi manusia adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 21 Ambon. Tipe Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siwa pada mata pelajaran IPA biologi. Untuk memperoleh data dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 soal baik tes awal, siklus I, siklus II dan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan yaitu pada hasil tes awal yang tuntas sebesar 8,69% (2 siswa) dengan nilai rata-rata 44,05. Setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat sebesar 69,56% (16 siswa) dengan nilai rata-rata 71,15. Sedangkan pada siklus II sebesar 100% (23 siswa) dengan nilai rata-rata 86,22. Dengan demikian target peneliti telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I; Ummu Sa’idah, M.Pd.I Pembimbing II; Zamrin Jamdin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil belajar Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Sistem Ekskresi Manusia |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Usemahu Abdullah |
Date Deposited: | 11 May 2020 06:02 |
Last Modified: | 11 May 2020 06:02 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/349 |
Actions (login required)
View Item |