Banapon, Marina (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Materi Pewarisan Sifat di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (6MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses aktifitas mental melalui pertukaran pendapat, berdiskusi, membaca sendiri dan mencoba sendiri, sehingga anak dapat belajar sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pengunaan model pembelajaran discovery learning pada materi pewarisan sifat dikelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 09 Februari sampai dengan 09 Maret 2023 dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tes awal siklus I nilai kognitif siswa dengan rata-rata sebesar 26,69 pada tes akhir sebesar 38,81. Sedangkan nilai afektif siswa pada siklus I sebesar 61,11 dan psikomotik sebesar 59,03, siklus II nilai kognitif siswa pada tes awal sebesar 58,81 tes akhir sebesar 67,69 dan nilai afektif siswa pada siklus II sebesar 84,03 dan psikomotorik sebesar 88,19 dan peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning pada materi pewarisan sifat dikelas IX MTs Nurul Ikhlas Ambon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Zamrin Jamdin, M.Pd / Pembimbing II : Tri Santi Kurnia, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning Biologi Pewarisan Sifat |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 01:14 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 01:14 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3508 |
Actions (login required)
View Item |