Penerapan strategi pembelajaran struktur bertelepon materi Sistem pernapasan pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah

Tuharea, Abdul Rasid (2018) Penerapan strategi pembelajaran struktur bertelepon materi Sistem pernapasan pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_103.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah antara lain dalam pembelajaran biologi masih terlalu monoton menggunakan strategi konvensional, yakni strategi ceramah sehingga terkesan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran struktur bertelepon materi sistem pernapasan pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik analisis kualitatif deskriptif untuk menyusun hasil penelitian. Penelitian berlangsung selama satu bulan, yakni dari tanggal 23 Juli 2018 s/d 23 Agustus 2018, bertempat di MA Negeri 1 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran struktur bertelepon materi sistem pernapasan pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah. Hal ini karena berdasarkan nilai tes siswa untuk siklus I menunjukkan bahwa dari 19 siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah yang mengikuti pembelajaran dan tes hasil belajar, terdapat 17 siswa dinyatakan tuntas dalam belajar, yakni nilai tesnya mencapai nilai KKM individual (≥70), sedangkan terdapat pula 2 siswa yang belum tuntas, yakni nilai tes yang diperoleh kurang dari standar nilai KKM individual yang ditetapkan oleh sekolah (<70). Sementara KKM Klasikal yang diperoleh adalah 89,5%, artinya secara klasikal siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah telah mencapai KKM klasikal standar yang ditentukan oleh pihak sekolah, yakni ≥75%. Dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas XI adalah sebesar 81, artinya pada siklus I siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah rata-rata telah tuntas. Dengan demikian rata-rata siswa kelas XI MA Negeri 1 Maluku Tengah telah memahami konsep sistem pernapasan pada manusia dan secara klasikal dinyatakan telah tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Surati, M.Pd Pembimbing II; Laila Sahubauwa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Pembelajaran Struktur bertelepon Sistem pernapasan manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 12 May 2020 06:27
Last Modified: 12 May 2020 06:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item