Uji kualitas air pada mata air di dusun Tihulesi kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah ditinjau dari segi mikrobiologi

Heluth, Abdurahman (2018) Uji kualitas air pada mata air di dusun Tihulesi kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah ditinjau dari segi mikrobiologi. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_50.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_50.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia membutuhkan air dalam semua aspek kehidupan, untuk memasak, mandi, mencuci, dan kebutuhan lainnya. Air juga bisa menjadi perantara dalam penyebaran penyakit, salah satunya diare. Kondisi fisik mata air di Dusun Tihulesi dalam kedaaan terbuka dan mudah dijangkau masyarakat setempat maka kemungkinan aktivitas masyarakat bisa mencemari lingkungan sumber air tersebut. Melihat fenomena tersebut maka sangat penting diadakan suatu penelitian Mikrobiologi air. Tujuan penlitian ini ialah mengetahui Kualitas Air Minum di Dusun Tihulesi Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah ditinjau dari segi Mikrobiologi. Tipe penelitian yang digunakan yaitu tipe penelitian deskripsi kualitatif dengan pendekatan laboratorium yang bertujuan untuk mengetahui kualitas air pada mata air Di Dusun Tihulesi Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah berdasarkan Permenkes RI No. 907 Tahun 2002. Pengambilan sampel malalui dua bak penampung di Dusun Tihulesi yang dimana air yang ditampung berasal dari mata air yang keluar dari permukaan tanah. Pengujian mikrobiologi air dilakukan di Lab MIPA IAIN Ambon. Hasil penelitian menunjukkan untuk kualitas pada 2 sampel Air memenuhi syarat berdasarkan Permenkes RI No. 907 Tahun 2002.Hasil pengujian sampel air menunjukan bahwa pada sampel A jumlah bakteri Colifrom Total 36/100 ml, dan sampel B jumlah bakteri colifrom Total >1100/100 ml, sampel C jumlah bakteri Colifrom Total 21/100 ml.Berdasarkan data- data tersebut dapat disipulkan bahwa kualitas ke tiga sampel air di Dusun Tihulesi di tinjau dari aspek mikrobiologis ada 2 sampel A dan C yang memenuhi persyaratan kualitas air. Sedangkan sampel B tidak memenuhi persyaratan karena aktivitas masyarakat dan sanitasi lingkungan yang kurang baik. Dari tiga sampel air tersebut tidak ditemukan bakteri E.Coli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Comeli Pary, M.Pd Pembimbing II; Sarmawaty Kotala, M.Si
Uncontrolled Keywords: Uji kualitas air Tinjau dari segi mikrobiologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 12 May 2020 06:27
Last Modified: 12 May 2020 06:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item