Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis kooperatif tipe Group Investigation pada materi Perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMA Negeri 11 Ambon

Nurhadi, Agustina (2018) Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis kooperatif tipe Group Investigation pada materi Perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMA Negeri 11 Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB I, III, V_132.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasikan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan LKS dan untuk mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) LKS. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 3 SMA Negeri 11 Ambon. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah intrumen kevalidan berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan uji coba kevalidan LKS yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,67 (sangat valid). Sedangkan uji coba kevalidan tes hasil belajar berada pada kriteria valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,07 (valid). uji coba kepraktisan LKS yang dikembangkan berada pada kriteria terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 2,29 (terlaksana dengan baik). Sedangkan uji coba keefektifan LKS pada tes hasil belajar siswa berada pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 78,94 (tinggi) dengan presentase ketuntasan klasikal 88%. Siswa juga memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan, dari tiap-tiap pertanyaan diperoleh jawaban SS (sangat setuju) dan S (setuju) sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS. Hal ini menandakan bahwa LKS yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kariteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Samad Umarella, M.Pd Pembimbing II; Zamrin Jamdin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar kegiatan siswa Kooperatif tipe Group Investigation Perubahan lingkungan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 12 May 2020 06:27
Last Modified: 12 May 2020 06:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item