Pembelajaran koopertif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengklasifikasi hewan Vertebrata pada konsep Keanekaragaman Hewan kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Wakate

Kelirey, Ahnal Eriana (2016) Pembelajaran koopertif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengklasifikasi hewan Vertebrata pada konsep Keanekaragaman Hewan kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Wakate. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI _149.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_149.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 4 Wakate ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas VII. Proses pembelajaran berpusat pada guru, model pembelajaran yang digunakan guru belum variatif dan cenderung menonton, guru belum mengajar siswa secara berkelompok, siswa tidak melakukan aktivitas kelompok dan cenderung gaduh pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah.Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang di pilih adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Peta konsep, karena model pembelajaran ini adalah model pembelajaran kelompok dengan nomor kepala yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Adapun rumusan masalah umum penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Peta Konsep Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengklasifikasi Hewan Vertebrata?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengklasifikasi Hewan Vertebrata Pada Konsep Keanekaragaman Hewan Kelas VII Semester Genap Di SMPN 4 Wakate. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wakate.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 18 pada pertemuan 1 dan skor 22 pada pertemuan 2 dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh skor 26 pada pertemuan 1 dan skor 29 pada pertemuan 2 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh 13.6 pada pertemuan 1 dengan kriteria cukup dan skor 19.4 pada pertemuan 2 dengan kriteria baik. Siklus II meningkat dengan skor 24 pada pertemuan 1 dan skor 26 pada pertemuan 2 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal siklus I adalah 53%, siklus II 89%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif tipe NHT dengan peta konsep dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wakate pada mata pelajaran biologi.Saran yang diberikan yaitu guu hendaknya menggunakan model inovatif dan media yang bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Corneli Pary, M.Pd Pembimbing II; Janaba Renngiwur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Koopertif Numbered Heads Together (NHT) Peta konsep Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Vertebrata Keanekaragaman Hewan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 12 May 2020 06:28
Last Modified: 12 May 2020 06:28
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item