Pengaruh pupuk organik cair dari kulit buah Pisang Kepok (Musa paradisiacal formatypica) terhadap pertumbuhan Kangkung Darat (Ipomea reptans poir)

Windarsih, Desi (2017) Pengaruh pupuk organik cair dari kulit buah Pisang Kepok (Musa paradisiacal formatypica) terhadap pertumbuhan Kangkung Darat (Ipomea reptans poir). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_85.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_85.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kangkung darat (Ipomoea reptans Poir) adalah tanaman semusim atau tahunan yang merupakan sayuran daun yang penting di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Sayuran kangkung mudah dibudidayakan, berumur pendek dan harga relatif murah. Karena itu, kangkung merupakan sumber gizi yang baik bagi masyarakat secara umum. Konsumsi kangkung mulai digemari oleh masyarakat terbukti dengan sadarnya masyarakat peduli dengan gizi yang terkandung disayuran kangkung. Kandungan gizi kangkung cukup tinggi terutama vitamin A, vitamin C,zat besi, kalsium, potasium, dan fosfor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair dari kulit buah pisang kepok terhadap pertumbuhan kangkung darat (Ipomea reptans Poir), dan berapa besar pengaruh pupuk organik cair dari kulit buah pisang kepok terhadap pertumbuhan kangkung (Ipomea reptans Poir). Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 6 ulangan, yaitu perlakuan P0 (tanpa kontrol), P1 (10 ml), P2 (20 ml), P3 (30 ml), dan P4 (40 ml). Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun dan bobot segar tanaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk organik cair dari kulit buah pisang kepok (Musa paradisiacal formatypica) berpengaruh nyata terhadap parameter yang diuji. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa besar pengaruh pupuk organik cair kulit buah pisang kepok terdapat pada P1 dengan konsentrasi 10 ml/polybag memberikan pengaruh yang terbaik pada tinggi tanaman dengan rata-rata yaitu 50.73 cm, jumlah daun rata-rata yaitu 20.5 helai, dan bobot segar basah rata-rata yaitu 5.61 gram. Dibanding dengan perlakuan yang lain dan kontrol pada semua parameter pengamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Ir. Aminuddin Umasangaji MP Pembimbing II; Sarmawaty Kotala, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pupuk organik cair Pisang Kepok Musa paradisiacal formatypica Pertumbuhan Kangkung Darat Ipomea reptans poir
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 14 May 2020 05:34
Last Modified: 14 May 2020 05:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item