Analisis kandungan Protein dan uji Organoleptik pada tumbuhan Talas Bogor (Colacasia esculenta L.schoot) sebagai bahan olahan minuman Susu

Rahmawati, Dewi Umi (2018) Analisis kandungan Protein dan uji Organoleptik pada tumbuhan Talas Bogor (Colacasia esculenta L.schoot) sebagai bahan olahan minuman Susu. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_64.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB I, III, V_64.pdf

Download (877kB)

Abstract

Olahan pembuatan susu terdiri dari bahan utama yaitu talas bogor, talas bogor ini memiliki kandungan protein yang cukup. Namun sebagian besar masyarakat tidak mengetahui bahwa talas bogor ini bisa di konsumsi, masyarakat hanya berasumsi bahwa talas bogor ini hidupnya liar dan tidak bisa di olah menjadi bahan makanan. Penulis skripsi ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan talas bogor (Colacasia esculenta L.Schoot), untuk mengetahui adanya indikasi kandungan protein pada susu talas bogor (Colacasia esculenta L.Schoot) dan untuk mengetahui pengujian organoleptik pada minuman susu talas bogor (Colacasia esculenta L.Schoot). Tipe penelitian ini adalah eksperimen laboratorium dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menguji organolpetik pada susu talas bogor dan kandungan protein pada susu talas bogor. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 hari dan berlokasi di Laboratorium MIPA IAIN Ambon. Hasil penelitian yang diperoleh dalam uji organolpetik menunjukan bahwa banyak responden memilih warna, rasa,tekstur dan aroma yang sama pada setiap ulangan, dan hasil yang diperoleh dalam uji analisis protein menunjukan bahwa warna yang terdapat didalam susu talas pada pemberian reaksi biuret sangat bervariasi. Ulangan 1 memberikan hasil yang baik dibandingkan ulangan 2 dan 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Irvan Lasaiba, M.Biotech Pembimbing II; Janaba Renngiwur, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Kandungan Protein Organoleptik Tumbuhan Talas Bogor Colacasia esculenta L.schoot
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 14 May 2020 05:34
Last Modified: 14 May 2020 05:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item