Pengaruh pupuk Kompos berbahan dasar cangkang telur dan air cucian beras dengan penambahan EM-4 terhadap pertumbuhan tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L)

Yusuf, Eda Sary Bulan (2017) Pengaruh pupuk Kompos berbahan dasar cangkang telur dan air cucian beras dengan penambahan EM-4 terhadap pertumbuhan tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_74.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_74.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tomat merupakan tanaman asli Benua Amerika yang tersebar dari Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku Aztec pada tahun 700 SM. Tatkala penyebaran tomat telah mencapai Benua Eropa bagian Utara, orang-orang didaerah itu menamai tomat dengan berbagai julukan. Orang Perancis menyebut tomat dengan apel cina. Sementara itu, orang jerman menyebutnya dengan apel surga. Namun pada tahun 1821, orang-orang Louisianan di New Orleans mulai memakai tomat dalam berbagai menu masakan mereka. Tak lama kemudian berita ini cepat menyebar sehingga banyak ditiru masyarakat luas yang menggunakan tomat sebagai campuran masakan seafood. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pupuk kompos berbahan dasar cangkang telur dan air cucian beras dengan penambahan EM-4 terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.). 2) Untuk mengetahui besar pengaruh pupuk kompos berbahan dasar cangang telur dan air cucian beras dengan penambahan EM-4 terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.). Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 3 kelompok. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman dan jumlah daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk kompos berbahan dasar cangkang telur dan air cucian beras berpengaruh nyata terhadap parameter yang di uji. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa besar pengaruh pupuk kompos berbahan dasar cangang telur dan air cucian beras adalah P4 dengan konsentrasi 100 ml/polybag memberikan pengaruh yang terbaik pada tinggi tanaman dengan rerata yaitu (29,6) cm dan jumlah daun rerata yaitu (31,3) dibanding dengan perlakuan yang lain dan kontrol pada semua parameter pengamatan (Tinggi tanaman dan Jumlah daun).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; M Yani Kamsurya, M.P Pembimbing II; Laila Sahubawa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pupuk Kompos Pertumbuhan Tanaman Tomat Solanum lycopersicum L
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 14 May 2020 05:35
Last Modified: 14 May 2020 05:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item